Penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan oleh Tutor pada Program Kesetaraan Paket B di Homeschooling Kak Seto Pekanbaru

Damaiana Wulan Ningrum(1), Wilson Wilson(2), Daffeta Fitrilinda(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tutor program penyetaraan paket B Homeschooling Kak Seto Pekanbaru melaksanakan pembelajaran PAIKEM (Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Teknik penelitian ini bersifat eksploratif dengan perspektif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Informan dalam penelitian ini adalah para tutor program kesetaraan paket B Homeschooling Kak Seto. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu strategi yang digunakan dalam proses menjadikan kegiatan belajar mengajar dinamis, inventif, kreatif, sukses, dan menyenangkan serta disesuaikan dengan peserta didik adalah pendekatan PAIKEM. Tutor dapat menyederhanakan prosedur dengan menggunakan metode paikem. Tutor dapat menggunakan teknik paikem untuk memvariasikan dan mendiversifikasi kegiatan belajar mengajar; mereka juga membantu peserta didik dalam memahami topik. Tanpa diamati, seorang tutor menciptakan proses belajar mengajar; Sebagai bentuk dorongan dan penghargaan atas kontribusi setiap peserta didik dalam proses pembelajaran, tutor memberikan insentif kepada peserta didiknya.


Keywords


Pendekatan Pembelajaran, Paikem

References


Adnan, M. (2017). “Urgensi penerapan metode paikem bagi tutor dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam”. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman,, 3(1), 133-150.

Aswan A (2016). “Strategi pembelajaran berbasis paikem”. Yogyakarta. PT. Aswaja Pressindo. Cetakan II

Haikal, R. (2022). The Role of Parents in Guiding Children in the Implementation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic at Yapim Siak Hulu Private Vocational School. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3535-3544

Siregar, P. S., Wardani, L., & Hatika, R. G. (2017). Penerapan pendekat pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan (Paikem) pada pembelajaran matematika kelas IV Sd Negeri 010 Rambah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 743-749.

Syah, M., & Kariadinata, R. (2009). Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 133 times
PDF Download : 387 times

DOI: 10.57235/ijedr.v1i2.1215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Damaiana Wulan Ningrum, Wilson Wilson, Daffeta Fitrilinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.