Membangun Kepribadian Bersyukur Perspektif Psikologi Islam
![](https://obsesi.or.id/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(3) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
![](https://obsesi.or.id/public/amplop.jpg)
Abstract
Rasa syukur merupakan bagian yang signifikan dari kehidupan manusia. Hal ini tidak hanya memiliki nilai moral dan spiritual, tetapi juga memengaruhi kesejahteraan psikologis dan hubungan sosial manusia. Namun, semakin kompleksnya dinamika sosial saat ini seringkali membuat orang sulit untuk merasa bersyukur, sedangkan kepribadian bersyukur adalah salah satu dari karakteristik yang lebih ditekankan dalam agama Islam. Tulisan ini membicarakan tentang membangun kepribadian bersyukur pespektif psikologi Islam berdasarkan kepada hasil riset kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data yang dipilih adalah dokumentasi. Penelitian ini melakukan penelitian tentang konsep syukur dalam Al-Quran dan hadis kemudian mengintegrasikannya secara perspektif psikologi Islam. Penelitian menemukan tiga konsep utama dalam memahami makna syukur: syukur dengan hati, syukur dengan lisan, dan syukur dengan tindakan. Agar lebih dimampukan bersyukur, maka harus melihat kehidupan oranglain yang lebih rendah, berpikir tentang anugerah yang telah diberikan Allah, berpikir tentang hari di mana akan ada masa pertanggungjawaban, dan berdoa agar dapat lebih mudah bersyukur. Dan beberapa metode praktis dapat membantu individu dalam membangun pribadinya untuk tetap dapat beryukur dengan memuji Allah atas segala karunia-Nya yaitu dengan sering mengucapkan “hamdalah”, mengitung satu persatu nikmat dari Allah SWT, meihat kebesaran Allah memalui ciptaanNya dan mendekatkan diri pada Allah SWT melalui meditasi secara perspektif Islam.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Atabik dan Ahmad Z. M. 2003. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika.
Bono, Giacomo & McCullough, M. E. (2006), Positive Responses to Benefitand Harm: Bringing Forgiveness and Gratitude into Cognitive Psychoterapy. Journal of Cognitive Psychoterapy: An Internasional Quarterly Vol.20 No.2.
Bungin, Burhan. 2011. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
Bungin, Burhan (ed). 2003. Paradima Penelitian. Bandung: Rosda Karya. 2003
Bungin, Burhan (editor). 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers
Cholilah, I. R. (2020). Kontribusi Gratitude dan Meaning of Life sebagai Upaya untuk Mengembangkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Jurnal Al-Tatwir, 7(1), 43–64. https://doi.org/10.35719/altatwir.v7i1.13
Creswell, John W. 2014. Research Design, Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, Fourth Edition. Sage Publicaton, terjemahan Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danang Wiharjanto, & Yayat Suharyat. (2022). Syukur wa Kufur Nikmat Fil Al Quran. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(6), 01–16.https://doi.org/10.55606/religion.v1i6.14
Charles T Tart. 1972. Altered States of Consciousness. New York: Doubleday & Company.
Creswell, J. W. 2011. Penelitian Kualitatif dalam bidang pendidikan. Pekanbaru: UNRI Press.
Emmons, R. A.A dan M, F. Mc Cullough. (2003). Counting Blessing Versusu Burdens: Anexperiental Investigation of Gratitude and Subjective Well-Being in Daily Life. Journal of Personality and Social Psyichology, Vol. 84 No. 2
Emmons, R. A., Michael E. McCullough., dan Jo-Ann Tsang. (2006). Positive Psychological Assasment, A Handbook of Models and Measures; The Assasment of Gratitude. Washington: American Psychological Assosiation.
Faris, A. ibnu. (1994). Mu’jam Maqoyis al-Lughah (Juz 3). Dar al-Fikr.
Faujiah, A., & Elfairuza, Z. (2019). Filosofi Syukur dalam Perspetif Ekonomi Islam. EKOSIANA Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 38–57. https://doi.org/https://doi.org/10.47077/ekosiana.v6i2.124
Firdaus, F. (2019). Syukur dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 5(1), 60–72. https://doi.org/10.47435/mimbar.v5i1.378
Ghazali, Imam. 2000. Ihya’ Ulumudiin, diterjemahkan oleh Mohammad Zuhri dkk. Semarang: CV Asy-Syifa.
Grasiaswaty, N., & Caninsti, R. (2021). Tiga Tema Konsep Kebersyukuran dalam Perspektif Al-Qur’an: Sebuah Literatur Review. Jurnal Studi Al-Qur'an, 17(2), 251-263.
Hamzah, Amir. 2022. Metode Penelitian Kepustakaan Library Research, Kajian Filosofi, Aplikasi, Proses dan Hasil Penelitian. Edisi Revisi, Malang: CV. Literasi Nusantara.
Hairina, Y., & Mubarak, M. (2020). Penerapan Psikologi Islam dalam Praktek Profesi Psikolog Muslim. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 3(1), 47–60. https://doi.org/10.15575/jpib.v3i1.4132
Harun, Rochayat. 2007. Metode Penelitian Kualitatif untuk Pelatihan, Bandung: Mandar Maju.
Haq, M. S., Diponegoro, A. M., & Purwadi, P. (2021). Hubungan antara Kebersyukuran dan Subjective Well-Being pada Perawat Wanita dan Bidan di RSU Sis Al-Djufrie Palu. Psyche 165 Journal, 148-152.
Hidayat, T., Rahmat, M., & Supriadi, U. (2019). Makna Syukur Berdasarkan Kajian Tematik Digital Al-Quran Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Akhlak Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 94. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1791
Jauziyah, I. Q. 1998. Madarijus-Salikin: Jalan Menuju Allah (diterjemahkan Katsur Suhardi). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Lubis, B. (2019). Syukur dengan kebahagiaan remaja. Jurnal Pionir , 5(4) Madany, M. (2015). Syukur dalam Perspektif al-Quran. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/azzarqa.v7i1.1491
Madany, M. (2015). Syukur dalam Perspektif al-Quran. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/azzarqa.v7i1.1491
Mahfud, C. (2014). The Power Of Syukur: Tafsir Kontekstual Konsep Syukur dalam al-Quran. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(2). https://doi.org/10.21274/epis.2014.9.2.377-400
Mardalis. 1995. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.
McCullough, M. E., Emmons R. A., dan Tsang, Jo-Ann. 2002. The Grateful Disposition: A Conceptual and Empirical Topography. Journal of personality and Social Psychology, Vol. 82. No. 1.
Milenia, F. H., & Pratisti, W. D. (2023). Peran Bersyukur dan Reliugitas terhadap Subjective Well-Being Mahasiswa Solo Raya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mubarak. (2017). Urgensi Psikologi Islam dalam pendidikan Islam dalam. Jurnal Insania, 5(2), 218. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1503
Muhammad, A. 2004. Tafsir Ibnu Katsir, Terjemahan Muhammad Abdul Ghoffar. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’I.
Muin, M. I. A. (2017). Syukur Dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Tafsere, 5(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jt.v5i1.7313
Mujidin, M., Millati, N., & Rustam, H. K. (2021). Hubungan Bersyukur kepada Tuhan dan Perilaku Bersedekah dengan Kebahagiaan pada Mahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 106. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.8876
Polak, E. L. & McCullough M. E. 2006. IS Gratitude an Alternative to Materialism? Journal of Happiness Studies, 7.
Prabowo, A. (2018). Kebersyukuran dan kepuasan hidup pada orangtua dengan anak berkebutuhan khusus. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 23(1), 41-51.
Rachmadi, A. G., Safitri, N., & Aini, T. Q. (2019). Kebersyukuran: studi komparasi perspektif psikologi barat dan psikologi Islam. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24(2), 115–128. https://doi.org/doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss2.art2
Rahmatillah, A. A. (2019). Studies Gratitude Verses in Tafsir Fi Zhilal Al-Qur ’an. Al Karima: Jurnal Studi Ilmu Al Quran Dan Tafsir), 2(2), 1–8
Rizky Susanti, D. (2020). Psikoedukasi Kebersyukuran Kepada Tuhan. ALTRUIS: Journal of Community Services, 1(1).
Sagir, A. (2014). Pertemuan Sabar Dan Syukur Dalam Hati. Jurnal Studia Insania, 2(1), 19. https://doi.org/10.18592/jsi.v2i1.1089
Saputra, R., Dalimunthe, R. P., & Mulyana, M. (2021). Menyeimbangkan Ritualitas dan Partisipasi Sosial: Konsep Tasawuf Sosial Amin Syukur. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 5(1), 14–30. https://doi.org/10.23971/njppi.v5i1.2788
Sativa, A. R., & Helmi, A. F. (2013). Syukur dan harga diri dengan kebahagiaan remaja. Wacana, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.13057/wacana.v5i2.9
Satriyo. 2009. Meditasi Syukur 20 Menit. Yogyakarta: Kanisius.
Shihab, M. Q. 1996. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudlui Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Shobihah, I. F. (2014). Melalui Figur Ulama. Jurnal Dakwah, 15(2).
Takdir, M. (2017). Kekuatan terapi syukur dalam membentuk pribadi yang altruis: Perspektif psikologi qur’ani dan psikologi positif. Jurnal studia insania, 5(2), 175-198.
Takdir, M. (2018). Psikologi syukur: perspektif psikologi qurani dan psikologi positif untuk menggapai kebahagiaan sejati (authentic happiness). Elex Media komputindo.
Usman, A. H., Shaharuddin, S. A., & Salleh, N. M. (2020). Elemen Syukur Dalam Psikoterapi Islam: Adaptasi Terhadap Rawatan Pedofilia. Jurnal Pengajian Islam, 13(1), 86–96.
Wulandari, A. (2020). Gambaran Qana'ah Pada Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan Di Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Yudiani, E. (2013). Pengantar Psikologi Islam. Jurnal Ilmu Agama UIN Raden Fatah, 14(2), 175–186
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zuliana, N., & Anisia Kumala. (2020). Efek Sabar Dan Syukur Terhadap Penyesuaian Pernikahan. Tazkiya: Journal of Psychology, 8(2).
Article Metrics
Abstract View![](https://obsesi.or.id/public/grafik.png)
![](https://obsesi.or.id/public/pdf.jpg)
DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Eva Ningsih, Ahmaddin Ahmad Tohar, Zuriatul Khairi
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.