Peningkatan Kemampuan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berfokus pada Kompetensi

Abdul Latif(1), Pompong B Setiadi(2),


(1) STIE Mahardika Surabaya
(2) STIE Mahardika Surabaya
Corresponding Author

Abstract


Sumber daya manusia memainkan peran krusial dalam menentukan kesuksesan kinerja suatu organisasi. Pengembangan sumber daya manusia memiliki tujuan untuk mempermudah pencapaian tujuan organisasi, karena kualitas sumber daya manusia dianggap memadai untuk menjalankan tugas dan peran mereka sebagai anggota organisasi. Pentingnya pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) adalah agar karyawan memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi, yang pada gilirannya memengaruhi penilaian masyarakat sebagai pelanggan. PJB berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan setiap karyawan di semua tingkatan organisasi guna mendukung kinerja perusahaan saat ini dan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis implementasi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di PT. Pembangkitan Jawa-Bali Kota Surabaya. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Milles & Huberman (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelatihan dan Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi di PT. Pembangkitan Jawa-Bali Kota Surabaya telah dilaksanakan secara optimal melalui pelatihan dan pengembangan berdasarkan kompetensi teknis dan non-teknis yang dimiliki oleh para pegawai.


Keywords


Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Kinerja Pegawai

References


Aprilliana, Shinta. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Jurnal : Forum Ekonomi. No: 3 (4) 804-812.

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumberdaya Manusia dalam meningkatkan kualitas ketahanan dalam organisasi. Jurnal manajemen dan kewirausahaan. 7 (1), 28-35.

Nadeak, Bernadetha. (2019). Buku Materi Pembelajaran Manajemen Pelatihan dan Pengembangan. Jakarta: UKI Press.

Prihantoro, A. (2012). Peningkatan Kinerja Sumberdaya Manusia melalui motivasi, disiplin, lingkungan kerja, dan komitmen (Studi Kasus Madrasah di Lingkingan Yayaan Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati). Valued Added, 8(2), 78-98.

Rahayu, K. (2017) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada sekretaria daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal: Ekonomia, 6(1), 177-182.

Syamsyrizal. (2016). Peranan Manajamen Sumberdaya Manusia dalam Organisasi. Jurnal : Warta Edisi 49. Sumatera Utara


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 122 times
PDF Download : 66 times

DOI: 10.57235/jamparing.v2i1.1944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abdul Latif, Pompong B Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.