Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia Kelas X MA Darul Huda Salo
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi kerajaan hindu budha di Indonesia kelas X MA Darul Huda Salo, Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan ADDIE yang dibagi menjadi 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil validasi ahli media pembelajaran permainan monopoli memperoleh persentase 89,33%, ahli materi memperoleh persentase 83,08%, ahli soal memperoleh persentase 95%, penilaian siswa uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 90,25% dan penilaian siswa uji coba kelompok besar memperoleh persentase 90,7% dengan kategori keseluruhan “sangat layak”. Selain itu terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah yang ditandai dengan meningkatnya hasil persentase angket motivasi belajar siswa sesudah mengguanakan media pembelajaran permainan monopoli yang pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 87,33%,dan di uji coba kelompok besar memperoleh persentase 85,87% dengan kategori “sangat baik” dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran permainan monopoli yang pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 45,66%,dan di uji coba kelompok besar memperoleh persentase 49,6% dengan kategori “cukup baik”. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan monopoli mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah.
Keywords
References
Arikunto. (2020). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi
Ayundasari, L., Sayono, J., & Utari, S. D. (2021). Impact of ecological landscape changes toward community life in Southern Malang during the 19th–20th Century. In Community Empowerment through Research, Innovation and Open Access. Routledge.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. Springer.
Firdayanti, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Momoking (Monopoly Of The Islamic Kingdom) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ips Smas Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Universitas Lampung.
Islamiyah, T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Mata Pelajaran IPS Materi Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia Kelas VIII di MTs Nurul Ulum Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Maulana Mlik Ibrahim Malang.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Penerbit Bintang Sutabaya.
Kuspiati., & Sentaya, I. M (2018). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Buer. Jurnal Kependidikan, 3 (1).
Mentari,G.,& Suhirman. (2021). Pengembangan Media Papan Maripoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMPIP Daarul Jannah Cibinong. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1).
Pendidikan, D. (2011). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pustaka Belajar. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Kemendikbud
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Susanti, A. (2021). Ada Apa Dengan Permainan Monopoli?. Jombang: Kunfayakun
Syarofit,M.K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Monopoli El-Smart untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di Madrasah Aliyah Amanatul Ummah Pacet. Tesis, Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Article Metrics
Abstract View : 104 timesPDF Download : 58 times
DOI: 10.57235/jamparing.v2i2.2405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Musni Hidayah Putri, Bunari Bunari, Asyrul Fikri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.