Pengaruh Model TGT (Teams Game Tournament) Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Babussalam Pekanbaru
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini di Latar belakangi oleh nilai minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah masih kurang, lalu pada saatproses pembelajaran berlangsung siswa mengalami kejenuhan dan metode pembelajaran yang digunakan sudah sering kali digunakan yaitu metode ceramah, sehingga kurang mendukung keaktifan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT (Teams Game Tournament) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket kepada responden kelas XI SMA Babussalam Pekanbaru yang berjumlah 47 siswa serta teknik pengumpulan data angket/ kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah UjiNormalitas, Homogenitas dan Uji t dengan menggunakan Variabel Teams Game Tournament (X) dan Variabel Minat Belajar (Y). Berdasarkan hasil analisis statistik Normalitas, Homogenitas dan Ujit, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model TGT (Teams Game Tournament) terhadap minat belajar pada pembelajaran sejarah dikelas XI SMA Babussalam Pekanbaru. Dilihat dari rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Teams Game Tournament, minat siswa memiliki rata-rata 80,7. Adapun kelas kontrol memiliki skor rata-rata minat belajar siswa78,3.
Keywords
Article Metrics
Abstract View : 104 timesPDF Download : 112 times
DOI: 10.57235/jamparing.v2i2.2953
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andini Salina, Ahmal Ahmal, Yanuar Al Fiqri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.