Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 10 Pekanbaru
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 10 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis audio visual, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis audio visual pada pembelajaran Sejarah, 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis audio visual untuk meningatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yaitu untuk memvalidasi dan mengembangkan produk. Model pengembangan yang digunakan pada peneltian ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate). Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah penilaian yang diberikan oleh ahli media adalah 52 dengan persentase sebesar 94,5% dan nilai validasi tersebut masuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian ahli materi adalah 45 dengan persentase 90% dan masuk dalam kategori “Sangat Layak”, Penilaian dari motivasi belajar siswa di kelas XI MIPA4 berjumlah 33 siswa sebesar 1869 dengan persentase 94,25% dengan kategori “Sangat Layak” dan respon siswa dikelas XI MIPA berjumlah 33 siswa memperoleh 1903 dengan persentase 96,11 % masuk kedalam kategori “Sangat Layak”.
Keywords
References
Adiwisastra, M. F. (2016). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Informatika, 2(1), 205–211.
Ahmal, A., Supentri, S., Pernantah, P. S., & Hardian, M. (2020). Peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan perangkat pembelajaran abad-21 berbasis merdeka belajar di Kabupaten Pelalawan Riau. Unri Conference Series: Community Engagement, 2, 432–439.
Harjanto. (2016). Pengaruh Pembelajaran Media Audio Visual Dengan Metode Reading Aloud Terhadap Prestasi Siswa Kelas IV MI Ma’arif Kemburan Jumoyo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Herlandy, P. B., & Novalia, M. (2019). Penerapan e-Learning pada Pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan dengan Metode Blended learning Bagi Siswa SMK. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1(1), 24–33.
Minarti, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Website Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Gaya Kepemimpinan Umar Bin Abdul Di MTS NO.32 Lamasi. Skripsi, 32, 12–21.
Rahim, R., & Rahman, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 232.
Salamah, E. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(01), 9.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Article Metrics
Abstract View : 109 timesPDF Download : 62 times
DOI: 10.57235/jamparing.v2i2.3128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Syindi Puspita Sari, Ahmal Ahmal, Yuliantoro Yuliantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.