Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa

Nevi Nandasari(1), Supardi Ritonga(2),


(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat dan perhatian siswa ketika guru menerangkan pelajaran Pendidikan Agama Islam serta komunikasi antara guru dan siswa pun tidak efektif, melainkan hanya sebagian saja yang mampu memberikan tanggapan dan argumentasi ketika guru memberikan pertanyaaan yang bersangkutan dengan materi, hal ini yang menyebabkan tidak kondusifnya suasana kelas yang dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pelaksanaan dan seberapa besar penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif Team game tournament (Tgt) dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam materi Khufaur Ar-Rasyidin di SMPN 1 Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Team game tournament (Tgt) dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 1 dan kelas VII 3. Sampel yang diambil dikelas VII 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang dan VII 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat peningkatan dalam keaktifan siswa setelah melaksanakan Model pembelajaran Team Game Tournament dari Hasil dari uji wilcoxon dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil nilai Asymp.Sig. (2-tailed) adalah bernilai 0,000, nilai 0,000 < 0,05. Dengan demikian, menunjukkan bahwa ada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas VII SMPN 1 Kecamatan Bukit batu.


Keywords


Team Game Tournament, Keaktifan, Pedidikan Agama Islam

References


Fitria Yanti dan Indra Widya, (2020). Pengembangan Moddel Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kraekter Peduli Lingkuangan Dan Literasi Sains, Yogyakarta: CV Budi Utama

Galang Isnawan Muhammad, 2020, Kuasi Eksperimen, Nusa Tenggara Barat: Nashir Al-Kutub Indonesia

Kunandar, (2013) Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Pendekatan Praktik Disertai Dengan Contoh Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sinar, (2018), Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa, Yogyakarta: Budi Utama,

Zulkifli Noo Zulki, (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: CV Budi Utama


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 172 times
PDF Download : 121 times

DOI: 10.57235/jleb.v1i2.1075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nevi Nandasari, Supardi Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.