Implementasi Pengelolaan Sistem Keuangan Dana Desa Dalam Pemerintahan Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang

Novia Milenia Putri Tamasya(1), Evi Priyanti(2), Kariena Febriantin(3),


(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
Corresponding Author

Abstract


Implementasi dari aktivitas pengelola dana desa mengindikasikan manajemen yang akuntabel dan transparan. Dana desa adalah bagian dari belanja pemerintah pusat dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di perdesaan. Penelitian ini dalam pemecahan permasalahan akan menggunakan pendekatan perspektif interpretif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian diperoleh dari aparatur desa yaitu kepala desa serta penduduk desa cikalong. Tujuan dari penelitian ini sendiri melihat bagaimana implementasi pengelolaan keuangan dana desa Cikalong. Apakah dalam penerapan peraturan ini terdapat hambatan dalam proses pengelolaan keuangan yang dihadapi oleh aparatur desa setempat, serta apakah proses pendampingan penyusunan laporan keuangan bagi aparatur desa berjalan dengan baik dan efektif. Yang memfokuskan pada implementasi teori Grindle yang mengungkapkan bahwa implementasi kebijakan sesungguhnya, bukanlah sekedar mekanisme penjabaran keputusan politik ke dalam prosedur- prosedur rutin lewat saluran-saluran birokrasi yang berkaitan, melainkan lebih dari itu, implementasi kebujakan terkait juga dengan masalah konflik, keputusan dan siapa yang memperoleh apa dari suatu kebijakan oleh sebab itu, implementasi kebijakan merupakan aspek yang paling penting dari keseluruhan proses kebijakan, dan bahkan mungkin jauh lebih penting dari pada pembuatan kebijakan itu sendiri.


Keywords


Implementasi, Pengelolaan, Keuangan Desa, Dana Desa

References


Ardhyan, W. (2018, April). Evaluasi Implementasi Sistem Keuangan Desa Di Kecamatan Tegalombo Kebupaten Pacitan. Pp. 19-23.

Asyifah, M. D. (2021). Efektivitas Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Studi Tentang Aplikasi Pelaporan Keuangan Desa Di Desa Wajak Lor Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). Publiciana : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1-11.

Athahara, E. P. (2020). Strategi Pemerintah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Karawang Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa . Jurnal Politikom Indonesiana, 59-60.

Boon, J. (tanpa tahun). Anthropology of Religion. Diakses 5 Oktober 2003 dari http://www.indiana.edu/-wanthro/religion.htm

Renita Amelia, I. M. (2021). Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Di Kantor Desa Moncobalang Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. 1-15.

Rosmah. (2018, November 23). Implementasi Pengelolaan Keuangan Desa Menurut Uu No6 Tahun 2014 Suatu Tinjauan Ekonomiislam. Pp. 23-32.

Sulistyowati, E. (2020, Oktober 21). Implementasi Sistem Keuangan Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa. Pp. 11-14.

Sulistyowati, N. C. (N.D.). Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Studikasus Pada Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 119 times
PDF Download : 69 times

DOI: 10.57235/mantap.v1i2.1264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novia Milenia Putri Tamasya, Evi Priyanti, Kariena Febriantin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.