Analisis Pengaruh Belanja Pemerintah Terhadap Pengangguran dan Kemiskinan di Sumatera Utara (Tahun 2001-2021)

Devi Margaretha Sitanggang(1), Eka Saripa Siburian(2), Mei Sarah Tobing(3), Eko Wahyu Nugrahadi(4), Muammar Rinaldi(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Masalah Pengangguran dan Kemiskinan sudah tidak asing lagi, setiap tahunnya masalah ini terus terjadi. Pemerintah selalu mencari solusi untuk ini demi kemajuan pertumbuhan ekonomi di negara Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini melihat seberapa besar pengangguran dan kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara, dan bagaimana pengaruhnya terhadap Belanja/pengeluaran pemerintah. Penelitian ini menggunakan data kauntitatif yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara pada tahun 2001-2021, dimana hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa belanja pemerintah mampu mengurangi Pengangguran dan Kemiskinan di Sumatera Utara dilihat dari  variabel Pengangguran dan kemiskinan memberikan kontribusi terhadap Persentase Belanja Pemerintah di Provinsi Sumatera Utara sebesar 77.5 persen, sedangkan sisanya 22.5 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Maka diperlukan kebijakan pemerintah untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan dilihat dari hasil penelitian ini.


Keywords


Pengangguran, Kemiskinan, Belanja Pemerintah

References


Anisah (2018). Analisis Dampak Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Melawan kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Samudera. Gulungan,21 April 2018.

Azwar.(2016). Peran Alokatif Pemerintah Melalui Pengedaan Barang/Jasa dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Indonesia. Kajian Ekonomi dan Keuangan. Makassar , Vol.20 No 2 (Agustus 2016)

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara.

Ningsih, Desrini dan Puti Andiny.(2016). Analisis Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Samudera Ekonomika, Vol 2 No 1, April 2018.

Sarmita, Risky Dinda. (2018). Dampak Pertumbuhan Ekonomi,Inflasi dan Pengangguran terhadap perekonomian Tingkat Kemiskinan di Sumatera Selatan . Jurnal Ekonomi Pembangunan. Gulungan 16(1):1-11 Juni 2018.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 127 times
PDF Download : 54 times

DOI: 10.57235/mantap.v2i1.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devi Margaretha Sitanggang, Eka Saripa Siburian, Mei Sarah Tobing, Eko Wahyu Nugrahadi, Muammar Rinaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.