Potensi Singgungan Kewenangan Antara Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi Dalam Melaksanakan Kekuasaan Kehakiman di Indonesia

Rasji Rasji(1), Clarissa Mayella Chandra(2), Shavira Ardita Maharani(3),


(1) Universitas Tarumanagara
(2) Universitas Tarumanagara
(3) Universitas Tarumanagara
Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan negara hukum yang menjamin kemerdekaan dan kebebasan kekuasaan kehakiman. Kekuasaan Kehakiman di Indonesia salah satunya meliputi Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi. Kedua lembaga ini memiliki kewenangan yang berbeda namun dalam menjalankan peran dan kewenangannya memiliki kesinambungan. Mahkamah Agung adalah lembaga peradilan tertinggi di suatu negara yang bertugas mengadili perkara-perkara yang telah melewati proses pengadilan di tingkat yang lebih rendah dan memiliki keputusan final dalam penegakan hukum. Mahkamah Konstitusi adalah lembaga peradilan yang bertugas memeriksa dan memastikan kesesuaian suatu peraturan atau tindakan pemerintah dengan konstitusi atau undang-undang dasar negara tersebut. Putusan Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) juga dianggap sebagai keputusan tata usaha negara dalam konteks bahwa kedua lembaga tersebut merupakan bagian dari sistem peradilan negara yang berwenang memutuskan perkara-perkara yang berkaitan dengan hukum dan konstitusi negara.


Keywords


Kekuasaan Kehakiman, Wewenang, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi

References


Agus Sahbani, “Mengenail Wewenang dan Fungsi MA” , https://www.hukumonline.com /berita/a/mengenali-wewenang-dan-fungsi-ma-lt616d670382aab/.

Dola Riza, “Keputusan Tata Usaha Negara menurut Undang-Undang Peradilan Tata Usaha Negara dan Undang-Undang Administrasi Pemerintahan”. Jurnal Bina Mulia Hukum. Vol.3. 28 September 2018.

Duwi Handoko, Kekuasaan Kehakiman di Indonesia. (Pekanbaru: Penerbit Hawa dan Ahwa, September 2015)

Erick Makmur.” Mengenal KTUN sebagai Objek Sengketa Peradilan Tata Usaha Negara” , https://lbhpengayoman.unpar.ac.id/mengenal-ktun-sebagai-objek-sengketa-peradilan-tata-usaha-negara/.

Isma Wana, Ita, “Fungsi dan Kedudukan Keputusan Tata Usaha Negara dalam Undang-undang No. 51 Tahun 2009 dan Pasal 87 Undang-undang No. 30 Tahun 2014”, Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2020.

M. Khusnul Khuluq, “Kekuasaan Kehakiman di Indonesia: Struktur dan Peran dalam Ketatanegaraan”, https://www.pa-poso.go.id/publikasi/arsip-artikel/605-kekuasaan-kehakiman-di-indonesia-struktur-dan-peran-dalam-ketatanegaraan.

MahkamahAgung.go.id, “Tugas Pokok dan Fungsi”, https://www.mahkamahagung.go.id /id/tugas-pokok-dan-fungsi.

Maksum Rangkuti. “Apa Itu Mahkamah Agung? Fungsi, Tugas, dan Wewenangnya”, https://fahum.umsu.ac.id/apa-itu-mahkamah-agung-fungsi-tugas-dan-wewenang/.

Meilani Teniwut, “Mahkamah Konstitusi : Pengertian, Tugas, dan Wewenang”, https://mediaindonesia .com /politik-dan-hukum/589147/mahkamah-konstitusi-pengertian-tugas-dan-wewenang.

MKRI.ID, “Bagian Perkara”, https://www.mkri.id/index.php?page=web.Perkara&menu=4#: ~:text=Pasal%2024%20ayat%20(2)%20UUD,dan%20oleh%20sebuah%20Mahkamah%20Konstitusi.

Mohd. Yusuf, S.Rani, Widiarso, dkk, “Politik Hukum Kewenangan Mahkamah Agung Dan Mahkamah Konstitusidi Indonesia”, Jurnal Pendidikan dan Konselit, Vol 5 No. 1 , 2023

Muarar Siahaan, “Integrasi Konstitusional Kewenangan Judicial Review Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung”, Jurnal Konstitusi, Vol 17 No. 4, 4 Desember 2020.

Mutia Jawaz Muslim, “ Tinjauan Yuridis Terhadap Keputusan Tata Usaha Negara Yang Merupakan Perbuatan Hukum Perdata”, Jurnal Fundamental Justice, Vol. 1, April 2020.

Nikita Rosa. “Beda Tugas & Fungsi Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial”, https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6395297/beda-tugas-fungsi-mahkamah-agung-mahkamah-konstitusi-dan-komisi-yudisial.

Politeknik Negeri Jember, “Undang-Undang (UU) Tentang Peradilan Tata Usaha Negara.”, https://kepegawaian.polije.ac.id/undang-undang--uu--tentang-peradilan-tata-usaha-negara.

Restu, “Tugas dan Wewenang Mahkamah Konstitusi (MK) yang Perlu Kamu Ketahui”, https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-hukum-nasional/.

Saldi Isra, “Titik Singgung Wewenang Mahkamah Agung dengan Mahkamah Konstitusi”, Jurnal Hukum dan Peradilan, Volume 4 No. 1 , Maret 2015.

Tundjung Herning Sitabuana, Hukum Tata Negara Indonesia, (Jakarta: Penerbit Konstitusi Press, 2020).

Undang-Undang Dasar Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara

Widhia Arum Wibawana, "Apa Tugas dan Fungsi Mahkamah Agung? Ini Penjelasannya" https://news.detik.com/berita/d-6308712/apa-tugas-dan-fungsi-mahkamah-agung-ini-penjelasannya.

Wogo, Vinsensius Adrian, “ Tinjauan terhadap Surat Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Timur tentang Perbatasan Wilayah Kabupaten Ngada dan Kabupaten Manggarai”, Vol. 20 No. 2, Oktober 2022.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 41 times
PDF Download : 26 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rasji Rasji, Clarissa Mayella Chandra, Shavira Ardita Maharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.