Pengaruh Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia dan Pendidikan terhadap Jumlah Penduduk Miskin di Indonesia (2019-2023)

Enzelina Sitanggang(1), Roma Sitompul(2), Ira Sipahutar(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh jumlah penduduk,Indeks Pembangunan Manusia  dan pendidikan terhadap Kemiskinan di Indonesia. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis data panel dan menggunakan data sekunder dari BPS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Jumlah penduduk,IPM dan pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat kemiskinan di Indonesia.

Keywords


Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia, Penduduk Miskin

References


Abdillah, L., Faridatussalam, S.T., (2023). Analisis Tingkat Kemiskinan di Indonesia Periode 20216-2020: CAKRAWALA – Repositori IMWI.

Ahitya, B., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi dan Rata-Rata Jumlah Anggota Keluarga Per Rumah Tangga terhadap Kemiskinan di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business.

Indrasuara Luther Sirangi Si’lang,Zamruddin Hasid,Priyagus.(2019).Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Indeks Pembangunan Manusia.Jurnal Manajemen.Vol 11 No 2 Hal 169-169

Jahtu Widya Ningrum, Aziza Hanifa Khairunnisa,Nurul Huda.(2020).Pengaruh Kemiskinan,Tingkat Pengangguran,Pertumbuhan Ekonomi dan Pengeeluaran Pemerintah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia Tahun 2014-2018 Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI). Vol 6 No 2

Putra, R., Sinurat, P. (2023). Analisis Faktor-faktor penyebab Kemiskinan sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia: Jurnal Registratie .

Saharuddin Didu, (2016). Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Kemiskinan di Kabupaten Lebak: Jurnal Ekonomi-Qu.

Usanto, R., Pangesti, I. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Kemiskinan di DKI Jakarta: Journal of Applied Business and Economic.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 47 times
PDF Download : 25 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Enzelina Sitanggang, Roma Sitompul, Ira Sipahutar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.