Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Pendidikan Anak Usia Dini: Analisis Latar Belakang, Isi, Implementasi, dan Dampak Kebijakan

A Zulkarnain Ali(1), Mukhtar Zaini Dahlan(2),


(1) Universitas PGRI Argopuro Jember
(2) Universitas PGRI Argopuro Jember
Corresponding Author

Abstract


Kebijakan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan upaya untuk membentuk karakter, moralitas, dan identitas agama anak-anak sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis kebijakan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan fokus pada empat aspek utama: latar belakang, isi, implementasi, dan dampak kebijakan. Metode studi literatur melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis informasi dari berbagai sumber tertulis yang sudah ada, seperti buku, artikel jurnal, laporan penelitian, dokumen kebijakan, dan sumber-sumber online lainnya.  Analisis kebijakan ini melibatkan empat aspek utama: latar belakang, isi, implementasi, dan dampak kebijakan. Latar belakang kebijakan ini mencakup konteks sosial, budaya, dan agama yang mempengaruhi kebutuhan dan tuntutan akan pendidikan agama Islam di tingkat PAUD. Isi kebijakan mencakup standar kompetensi, kurikulum, dan materi pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak-anak usia dini sesuai dengan ajaran agama Islam. Implementasi kebijakan melibatkan ketersediaan sumber daya, pelatihan guru, integrasi kurikulum, dan mekanisme pengawasan yang memastikan efektivitas dan kesinambungan pembelajaran PAI di PAUD. Dampak kebijakan mencakup pengembangan moral, spiritual, dan karakter anak-anak, serta kontribusi terhadap visi pendidikan nasional yang inklusif dan berkeadilan. Analisis menyimpulkan bahwa kebijakan PAI di PAUD memberikan dampak positif namun juga dihadapkan pada tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan integrasi kurikulum. Diperlukan upaya kolaboratif untuk memperbaiki implementasi kebijakan dan meningkatkan manfaatnya bagi perkembangan anak-anak di tingkat PAUD


Keywords


Kebijakan, PAI, PAUD

References


Abdurrahman, M. (2016). Kebijakan Pendidikan di Indonesia: Dari Orde Lama hingga Orde Baru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djollong, Andi Fitriani, and Anwar Akbar. (2019). "Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan." Jurnal Al-Ibrah 8.1: 72-92.

Firnanda, R. (2024). Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah Nomor 54 Tahun 2016 dalam Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Sarolangun (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Hariyadi, Agus, Syahran Jailani, and Minnah el-Widdah. (2023) "Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas." Journal of Educational Research 2.1: 13-30.

Hasanah, H., & Nurhayati, N. (2021). "Dampak Kebijakan PAI terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini". Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 67-80.

Matondang, M. (2023). Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Kurun Waktu 2003-2022. Deepublish.

MAULANA, U. A., & Junanto, S. (2022). Deskripsi penerapan kegiatan pembelajaran pendidikan anak usia dini (paud) pada anak-anak pedesaan (studi paud non formal kb pelangi dukuh randusari andong andong boyolali tahun 2022/2023) (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).

Mukhibat, M. (2017). Pendidikan Agama Islam di Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Muwafiqoh, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Melalui Kebijakan Pemerintah Daerah Di Kabupaten Bogor (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Neneng, N., Qomariyah, S., Rizki, N. J., Erviana, R., & Babullah, R. (2023). Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Almuhajirin Perum Baros Kencana Kota Sukabumi. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 35-45.

Nurhadi, N., & Zaini, Z. (2019). "Implementasi Kebijakan Pendidikan Agama Islam di PAUD". Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45-58.

Primawati, Yayuk, and Dwi Faruqi. (2021) "Implementasi Pembelajaran Pai Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi Digital." Religious Journal of Islamic Education 2.1: 1-12.

Putra, P. H. (2019). Tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99-110.

Rahiem, Maila DH. (2023) "Pemahaman Guru tentang Makna Pendidikan Agama bagi Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7.2: 1533-1544.

Rahmawati, Dewi, Muhammad Yusuf, And Muslim Mubarok. (2024) "Kerjasama Antar Ummat Beragama Dalam Bidang Pendidikan Untuk Mewujudkan Generasi Rahmatan Lil Alamin." LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 4.2: 174-187

Rofi’ah, U. A., Maemonah, M., & Lestari, P. I. (2023). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Fredwrich Wilhelm Froebel. Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 23-47.

Supriyadi, S. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, Muhammad Ali. (2016) "Penanaman nilai-nilai agama pada anak usia dini di RA DDI Addariyah Kota Palopo." Al-Qalam 20.2: 197-210.

Susilowati, Evi. (2022) "Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam." Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1.1: 115-132.

Syamsudin, S., & Fitriani, F. (2020). "Analisis Kebijakan PAI di PAUD: Studi Kasus di Beberapa Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini". Jurnal Kebijakan Pendidikan, 12(2), 101-118


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 29 times
PDF Download : 15 times

DOI: 10.57235/aurelia.v3i2.3301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 A Zulkarnain Ali, Mukhtar Zaini Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.