Tantangan Terkini dalam Penegakan Hukum Ketenagakerjaan: Studi Kasus Tidak Terpenuhinya Hak Buruh PT SAI Apparel Grobongan

Kevin Putra Subagijo(1), Rachel Anne Patricia(2),


(1) Universitas Tarumanagara
(2) Universitas Tarumanagara
Corresponding Author

Abstract


Penegakan hukum ketenagakerjaan merupakan aspek penting dalam melindungi hak-hak buruh di berbagai perusahaan. Tenaga kerja harus diperhatikan hak-haknya, oleh karena itu diperlukan upaya-upaya untuk membina, mengarahkan dan melindungi tenaga kerja agar tercipta kesejahteraan yang berkaitan dengan apa yang dikerjakannya. Studi kasus yang diangkat dalam penelitian ini menggambarkan tantangan terkini yang dihadapi dalam penegakan hukum ketenagakerjaan, dengan fokus pada PT SAI Apparel Grobongan. Melalui penelitian ini, diharap dapat mengidentifikasi solusi-solusi inovatif, perbaikan dalam regulasi, serta langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk memastikan bahwa hak-hak buruh terlindungi dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dan pendekatan normatif.


Keywords


Penegakan Hukum, Ketenagakerjaan, Hak-Hak Buruh

References


A. Sonny Keraf. Etika Bisnis, Tuntutan dan relevansinya. edisi baru. Yogyakarta: Kanisius. 1998.

Abdul Hakim. Pengantar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. 2003.

Halili Toha, Hari Pramono. Hubungan Kerja Antara majikan Dan Buruh, Jakarta: Bina Aksara. Pertama. 1987.

Naufal Ridhwan. Profil PT Sai Apparel, Perusahaan yang Diprotes Karyawan Karena Tak Bayar Upah Lembur. Diakses pada 6 Oktober 2023. https://bisnis.tempo.co/read/1688096/profil-pt-sai-apparel-perusahaan-yang-diprotes-karyawan-karena-tak-bayar-upah-lembur?page_num=2.

Nyoman Serikat Putra Jaya. Beberapa Pemikiran ke Arah Pengembangan Hukum Pidana. Bandung: Citra Aditya Bakti. 2008.

Puthut Dwi Putranto Nugroho, Ardi Priyatno Utomo. Pabrik Garmen di Grobogan yang Viral karena Salah 1 Buruh Protes ke Bosnya Mulai Bayar Upah Lembur Sebulan. Diakses pada 6 Oktober 2023. https://regional.kompas.com/read/2023/02/10/213949578/pabrik-garmen-di-grobogan-yang-viral-karena-salah-1-buruh-protes-ke-bosnya.

Sinaga, Niru Anita dan Zaluchu, Tiberius. (2017). Perlindungan Hukum Hak-Hak Pekerja Dalam Hubungan Ketenagakerjaan Di Indonesia. Jurnal Teknologi Industri, 6. 57-58.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 224 times
PDF Download : 232 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kevin Putra Subagijo, Rachel Anne Patricia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.