Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Kebhinekaan Global Peserta Didik di SMAN 4 Tualang

Devi Gitama Yanti(1), Supentri Supentri(2), Mirza Hardian(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan kebhinekaan global siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap kebinekaan global peserta didik di SMAN 4 Tualang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Kebhinekaan Global peserta didik di SMAN 4 Tualang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Oleh karena itu, analisis data menggunakan metode statistik untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap kebhinekaan global siswa di SMAN 4 Tualang. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh bahwa H0 ditolak dan Ha diterima bahwa ada pengaruh pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap kebhinekaan global siswa di SMAN 1 Tualang dan dari output diatas diperoleh koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,615 yang mengandung perngertian bahwa pengaruh variabel bebas (pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan) terhadap variabel keterikatan (kebhinekaan global siswa) adalah sebesar 61,5%. Sedangkan 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Pengaruh, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kebhinekaan Global

References


Afif, M. N. H. (2020). Pembelajaran Pai Dalam Membentuk Sikap Toleran Peserta Didik Di Smp Negeri 4 Prambanan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga).

Aji.S. (2013:31). Pendidikan Pancasila diPerguruan Tinggi Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa.Jakarta: Ghalia Indonesia.Alfabeta, CV.

Dewi, N. K. N. S., & Putri, N. K. H. R. (2022). Pembelajaran bahasa sebagai penguatan profil pelajar pancasila berkebhinekaan global. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, dan Sastra, 2(1), 130-134.

Kemendikbud-ristek. 2020. Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbu- ristek. 2020.

Tutorial Penggunaan AKSI Sekolah.

Lestari, M. A., & Hermawati, E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Menanamkan Karakter Berkebhinekaan Global pada Siswa SDIT Darul Amanah. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 6-11.

Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Jupiis: Jurnal: Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 61

Siswa, K. P., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. http://jurnal.ugm.ac.id/JKN

Supentri, S., Zahirman, Z., Separen, S., Supriadi, S., & Yuliantoro, Y. (2018, November). Role Public Mandatory Lecturers (MKWU) Citizenship Education in Improving Nationalism Attitudes Students University of Riau. In Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 362-367).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 171 times
PDF Download : 164 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Devi Gitama Yanti, Supentri Supentri, Mirza Hardian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.