Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Proses Belajar Aktif Pendidikan Agama Buddha pada Siswa SMP Metta Maitreya Pekanbaru

Author’s Chandra(1), Khie Khiong(2), Budi Utomo(3),


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar terhadap proses belajar aktif pendidikan agama Buddha siswa kelas VII SMP Metta Maitreya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 22. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Metta Maitreya. Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk menguji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel minat belajar tidak mempunyai pengaruh terhadap proses belajar aktif, namun secara parsial variabel lingkungan belajar mempunyai pengaruh terhadap proses belajar aktif. Secara simultan variabel independen mempunyai pengaruh terhadap proses belajar aktif. Dengan demikian, variabel lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses belajar aktif siswa dibandingkan variabel minat belajar.


Keywords


Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Proses Belajar Aktif

References


Anggraini, Yussi, Syaad Patmanthara, and Purnomo. 2017. “Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 2 (12): 1650–55. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10316.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Haryanto. 2015. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Lukman & Ishartiwi. 2014. “Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 1 (2): 120–31.

Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Rochmah, Laily, and Riza Yonisa Kurniawan. 2022. “Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi Di Masa Pandemi Covid 19.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 10 (1): 68. https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i1.6364

Sugiyono. 2019a. Metode Penelitian Kuantitatif. Edited by Setiyawami. II. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Sugiyono. 2019b. Metode Penelitian Kuantitatif. Edited by Setiyawami Setiyawami. Bandung: ALFABETA, CV


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 144 times
PDF Download : 130 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Author’s Chandra, Khie Khiong, Budi Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.