Analisis Peran Petugas Aviation Security Dalam Pemeriksaan Penumpang yang Membawa Barang Berbahaya Dalam Penerbangan Domestik Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo

Risa Listiani(1), Elisabeth Endang Prakosawati(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Salah satu posisi yang paling penting atau garda terdepan yang harus ada di bandar udara adalah aviation security. Batasan penelitian skripsi ini difokuskan pada peran petugas aviation security pada penumpang yang membawa barang berbahaya dan proses pada saat melakukan pemeriksaan. Untuk mengetahui peran petugas Aviation Security dalam pemeriksaan penumpang yang membawa barang berbahaya dalam penerbangan domestik dan kendala yang dialami oleh petugas aviation security dalam melalukan pemeriksaan, serta dengan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer didapatkan melalui kegiatan wawancara dengan subjek penelitian, sedangkan data sekunder didapatkan melalui dokumentasi-dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, kesimpulan. Dalam penelitian kuliatif meliputi uji kredibilitas, uji transferability, uji konfirmability. Uji kredibilitas dilakukan dengan cara triangulasi. Triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Penelitian ini menunjukkan bahwa personil Aviation Security berperan penting dalam menjaga dan menjamin keselamatan dalam penerbangan. Berkewajiban untuk mencegah tindakan yang melawan hukum yang dapat mengancam keselamatan dalam penerbangan. Berperan untuk mengatur arus penumpang agar berjalan dengan optimal. Setaip personil dalam menjalankan perannya selalu melakukan koordinasi. Sehingga walaupun memiliki SOP yang berbeda tetapi semua dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Di Bandar udara yang setiap harinya selalu dipadati oleh penumpang yang memiliki karakter berbeda-beda. Pastinya hal ini akan menyebabkan kendala pada saat dilakukan pemeriksaan di Security Check Point.


Keywords


Peran, Kendala, Barang Berbahaya, Aviation Security

References


Hadi, Sumasno. "Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi." Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, vol. 22, no. 1, Jun. 2016, doi:10.17977/jip.v22i1.8721.

Pemerintah, Indonesia. 2009. Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009. Jakarta, Indonesia: Lembaran Negara.

Peraturan Direktur Jenderal Penerbangan Udara Nomor : SKEP/252/XII/2010 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara Dan Barang Bawaan Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : PM 80 Tahun 2017 Tentang Program Keamanan Penerbangan Indonesia

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono.(2015). Jenis data primer & sekunder.

Tiyas Isrotin (2015) yang berjudul. Tanggung Jawab Maskapai Garuda Indonesia Terhadap Keamanan Bagasi Penumpang di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 110 times
PDF Download : 136 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risa Listiani, Elisabeth Endang Prakosawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.