Implementasi Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada Ibu Hamil Dengan Kadar Hemoglobin (Hb) Rendah Untuk Mencegah Stunting

Novita Sari(1),


(1) STIKES Wira Husada Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Penurunan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak. Penurunan angka stunting masih terus diupayakan untuk mendukung Indonesia emas 2045. WHO mendefinisikan stunting sebagai gangguan pertumbuhan yang menggambarkan tidak tercapainya potensi pertumbuhan sebagai akibat status kesehatan dan atau nutrisi yang tidak optimal.
Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian Tablet Tambah Darah (ttd) pada ibu hamil sehingga dapat mencegah anemia gizi besi pada ibu hamil. Literatur yang digunakan dalam penelitian ini 10 artikel yang hanya melakukan penelitian tentang ibu hamil dengan kadar hemoglobin rendah dan artikel yang digunakan dibatasi dari tahun 2017-2023.
Berdasarkan hasil analisis Systematic Literature Review (SLR) pemberian tablet tambah darah (ttd) pada ibu hamil dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Kadar hemoglobin yang lebih rendah dipengaruhi oleh rendahnya asupan zat gizi terutama pada zat besi, asupan zat besi yang tidak adekuat dapat menurunkan simpanan zat besi dan berimplikasi terhadap penurunan kadar hemoglobin.Ibu yang mengalami anemia saat kehamilan akan meningkatkan peluang anak yang stunting sebanyak 4 kali lebih tinggi dibanding dengan ibu yang tidak mengalami anemia.
Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian tablet tambah darah (ttd) pada ibu hamil yang mempunyai hemoglobin rendah dapat dijadikan rujukan dalam rangka intervensi pencegahan stunting pada balita.


Keywords


Zat Besi, Hemoglobin(Hb), Stunting, Tablet Tambah Darah(ttd)

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 150 times
PDF Download : 112 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.