Peningkatan Gizi Anak Saat Diare Melalui Sosialisasi Bubur Tempe di Desa Ngenden Sukoharjo

Aditya Ibnu Nur Fadillah(1), Aldilla Nurhaliza(2), Anastasya Yuntia Eka W(3), Azzahra Amanda C. O(4), Cahya Sulistyo P(5), Charel Ardi N(6), Maryatun Maryatun(7),


(1) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(2) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(3) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(4) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(5) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(6) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(7) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
Corresponding Author

Abstract


Penyakit diare menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak. Berbagai penyebab terjadinya diare pada anak antara lain infeksi virus, bakteri, parasit, keracunan makanan, malabsorbsi, dan faktor lain yang menyebabkan anak diare. Kurangnya pengetahuan orang tua terutama Ibu mengenai penanganan diare pada anak sering membuat anak menjadi dehidrasi. Permasalahan mitra dari hasil observasi diperoleh bahwa sebagian besar masyarakat tidak mengetahui bubur tempe untuk peningkatan gizi saat diare pada anak. Masyarakat tidak menganggap bahwa peningkatan gizi saat diare perlu dilakukan untuk mencegah adanya dehidrasi atau hal lain yang terjadi pada anak. Para ibu tidak mengetahui bubur tempe sebagai asupan gizi saat diare pada anak. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat mitra adalah (1) belum memiliki pengetahuan mengenai Bubur Tempe (2) belum mengetahui keterampilan tentang pembuatan Bubur Tempe. Tujuan pengabdian ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan ibu mengenai Pentingnya Bubur Tempe sebagai upaya peningkatan gizi anak saat diare (2) meningkatkan keterampilan ibu dalam keterampilan membuat bubur tempe. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah (1) memberikan edukasi kepada ibu mengenai Bubur Tempe (2) mengajarkan ibu dalam pembuatan Bubur Tempe. Kegiatan pengabdian ini melibatkan mahasiswa sebagai wujud dukungan terlaksananya implementasi tugas Mata Kuliah Praktikum Keperawatan Anak. Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu di Desa Nganden, Talang, Banaran, Grogol, Sukaharjo (2) publikasi pada jurnal nasional pengabdian masyarakat.


Keywords


Bubur Tempe, Diare, Peningkatan Gizi

References


DK Sari, 2019. Bubur Tempe Membantu Penanganan Diare Pada Balita. Surakarta: Jurnal AISKA

Dr. William, 2020. Tempe Bisa Mengobati Diare Pada Anak. Jakarta;Guesehat

Haritono, J. dan Sudigbia, B. 2008. Kandungan Gizi Tanaman Kedelai. Jakarta: Erlangga.

Hartiningrum, S.Y. 2010. Pengaruh Pemberian Formula Preda dan Tempe Terhadap Lama Penyakit Diare Akut Pada Anak Usia 6 – 24 Bulan Studi Di RSU RA.

Hidayat, M. A. (2020). Tempe: Makanan Khas Indonesia yang Mengandung Banyak Manfaat. Detak Unsyiah.

HM Simanungkalit, M Muliana, 2021. Pemberian Bubur Tempe terhadap Lamanya Diare Akut pada Balita di Puskesmas Puruk Cahu. Manarang;Poltekkes Mamuju

Kartini Kabupaten Jepara Tahun 2010. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lestariningsih, S. (2014). Pengaruh Pemberian Bubur Tempe Terhadap Kesembuhan Diare pada Balita di wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Mien, M.K. 2012. Komposisi Zat Gizi Pangan Indonesia. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Direktorat Bina Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Ngastiyah. (2014). Perawatan Anak Sakit. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Setiawati, H. (2015). Pengaruh Pemberian Diet Bubur Tempe Terhadap Frekuensi Bab pada Anak Diare di Ruang Mina Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Full Text: Untitled

Article Metrics

Abstract View : 80 times
Untitled Download : 559 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.1666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aditya Ibnu Nur Fadillah, Aldilla Nurhaliza, Anastasya Yuntia Eka W, Azzahra Amanda C. O, Cahya Sulistyo P, Charel Ardi N, Maryatun Maryatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.