Menstmulus Motorik Kasar Bayi Melalui Pijat Bayi

Luthfiah Nurrohman Putri(1), Husnalisa Rahadhatul ‘Aisyi(2), Intan Kharisma Sari(3), Krisna Anindita(4), Margareta Martin Tri Cahyani(5), Zulfa Mahdiatur Rasyida(6),


(1) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(2) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(3) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(4) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(5) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(6) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
Corresponding Author

Abstract


Setiap orang tua mengharapkan anaknya tumbuh berkembang secara optimal. Tidak ada wkatu yang sama dalam kehidupan dimana terjadi perubahan fisik dan pencapaian perkembangan yang pesat seperti masa bayi. Semua sistem tubuh mengalami pematangan progresif. Lima tahun pertama kehidupan merupakan masa pertumbuhan dan pembelajaran yang luar biasa. Pada masa ini ditandai dengan peningkatan kemampuan motorik berkembang secara pesat. Perilaku motorik didasarkan pada gerakan spontan, pola aktivitas yang merupakan peran penting dari jaringan saraf, perilaku motorik kasar termasuk dalam perkembangan kematangan pada postur keseimbangan kepala, duduk, merayap, berdiri, dan berjalan. Hasil observasi dari pengabdian masyarakat ini sebagian besar ibu yang ada di desa tersebut belum mengetahui manfaat pijat bayi,mayoritas ibu yang memiliki anak tidak pernah melakukan pijat bayi secara mandiri,dan belum pernah ada sosialisasi mengenai pentingnya menstimulus motorik kasar bayi dengan pijat bayi. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat mitra adalah (1) belum memiliki pengetahuan yang luas meneganai manfaat pijat bayi.tujuan pengabdian masyarakat ini adalah (1)meningkatkan pengetahuan pada ibu pentingnya pijat bayi pada bayi yang masih proses berkembang.(2)meningkatkan keterampilan ibu tentang pijat bayi.solusi yang ditawarkan oleh masyarakat (1) membrikan edukasi mengenai manfaat dan pentingnya keterampilan pijat kepada ibu di desa Nganden,Talang,Banaran ,Grogol, Sukoharjo (2) mengajarkan keterampilan pijat bayi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan mahasiswa sebagai wujud dukungan terlaksananya implementasi tugas mata kuliah Praktikum Keperawatan Anakyang diharapkan kegiatan ini ialah (1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu di desa Nganden, Talang, Bnaran, Grogol, Sukoharjo.(2)publikasi pada jurnal nasional pengabdian masyarakat.


Keywords


Motorik Kasar, Pijat Bayi, Stimulus

References


Bayi KT. Efektivitas Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Bayi The Effectiviness Baby Massage To The Baby’s Sleeping Quality. 13:11–8.

Bayi P, Berat P. Artikel penelitian. :28–33.

Di Ibu, Kemayoran K. Perkembangan Motorik Kasar Bayi Melalui Stimulasi Ibu Di Kelurahan Kemayoran Surabaya. :106–22.

Hastuti W, Bestari NHG, Kustriyanti D. Pijat bayi meningkatkan perkembangan motorik kasar pada masa pandemi Covid-19. NURSCOPE J Penelit dan Pemikir Ilm Keperawatan. 2020;6(2):96.

Motorik DAN, Bayi H, Bulan U, Klinik DI. Suharto, Suriani, Arpandjam’an Jurusan Fisioterapi Politeknik Kesehatan Makassar. 2013;34–8.

Nomor V, Ibu MP. Jurnal Peduli Masyarakat. 2023;5:437–42.

Pranoto HH, Kale CC, Adhoat S. Pijat Bayi untuk Menstimulasi Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan. :51–7.

Publikasi N. Perbedaan pengaruh senam bayi dengan pijat bayi dalam meningkatkan motorik kasar pada anak usia 3-12 bulan di posyandu modinan yogyakarta. 2017;

Saleh A, Nurachmah E, As S, Hadju V. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengetahuan, Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 0-6 Bulan Di Kabupaten MaroS.

Selama B, Pandemi M, Desa C-DI. Edukasi manfaat pijat bayi, upaya meningkatkan kesehatan pada bayi selama masa pandemi covid-19 di desa telagawaru lombok barat. 2021;5:376–81.

Sirait S, Tarbiyah F, Kalijaga IS. Mempertimbangkan Perubahan Paradigma Pengabdian Kepada Mas Yar Akat Di Iain Sunan Kalij Ag a Yogyakarta. IV(1):66–78.

Suhartini OB, Jurusan D, Kesehatan P. Deteksi Dini Keterlambatan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak:177–85.

Surakarta UAI. Pedoman praktikum keperawatan anak. 2023;

Tahun RB. Jurnal Medikes, Volume 5, Edisi 2, November 2018. 2018;5(November):156–67.

Usia B, Di B, Dermayon D. Efektifitas Pijat Bayi Terhadap Perkembangan Bayi (Motorik Kasar, Motorik Halus, Sosial Kemandirian Dan Bahasa) Pada Bayi Usia 6-7 Bulan Di Desa Dermayon Kramatwatu. 2022;10(2):147–54.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 66 times
PDF Download : 27 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.1745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Luthfiah Nurrohman Putri, Husnalisa Rahadhatul ‘Aisyi, Intan Kharisma Sari, Krisna Anindita, Margareta Martin Tri Cahyani, Zulfa Mahdiatur Rasyida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.