Peran Pemerintah Desa Untuk Mensejahterakan Lansia Melalui Program Bina Keluarga Lansia (BKL) di Desa Tandem Hulu

Cindy Ayu Lestari(1), Jona Gunawan Gultom(2), Sella Ariska(3), Julia Ivanna(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Kesejahteraan sosial lanjut usia merupakan suatu tindakan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan bagi masyarakat, khususnya para lanjut usia yang tidak dapat menjalankan fungsi sosialnya yaitu dengan jalan memberikan pelayanan bantuan dan penyantunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang Peran Pemerintah Desa untuk mensejahterakan lansia melalui  Program Bina Keluarga Lansia di desa tandem hulu, kecamatan Hamparan Perak, kabupaten Deli Serdang. Metode yang di gunakan pada penelitian ini yaitu penelitian yang menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif Deskriptif dimana dalam hal ini penelitian ini melakukan kajian ke lapangan yaitu ke Kantor Kepala Desa Tandem Hulu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang dengan melakukan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan pencarian sumber informasi lain seperti Buku,Jurnal,Dll. Sedangkan Metode penelitian yang  Digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Peran pemerintah desa dalam  meningkatkan kesejahteraan lanjut  usia di Desa Tandem Hulu sejauh ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsi dari pemerintah  desa yang ada. Karena para lanjut  usia juga merupakan urusan dari Negara ataupun pihak pemerintah  yang ada untuk bisa mensejahterakan  para lansia yang ada. Dalam hal ini proses memberikan kesejahteraan  para lansia selalu mengharapkan dari dana desa ataupun dari pemerintah Kabupaten Deli Serdang.


Keywords


Pemerintah Desa, Sejahtera Lansia, BKL

References


Bambang Budiono, Menelusuri Proses Demokrasi Masyarakat Pedesaan Di Indonesia, Renika Yogyakarta, 2000, Hlm. 32

Kumara,I Gede Jaya And I Putu Nuratama. 2020. “Kebijakan Humanis Pemerintah Desa Dalung Terhadap Masyarakat Lanjut Usia”, Vidya Wertta

Maspaitella, M. J, Nancy Rahakbauwi. 2014. “Pembangunan Kesejahteraan Sosial: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pendekatan Pekerja Sosial”, Jurnal Aspirasi Vol. 5 No. 2, Universitas Kristen Indonesia Maluku,Indonesia.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif . Jakarta: Prenadamedia Group.

Petring, Alexander.Dkk. 2009. “Buku Bacaan Sosial Demokrasi 3 Negara Kesejateraan Dan Sosial Demokrasi”, : Friedrich-Ebert-Stiftung Divisi Akademi Politik Bonn.

Riyadi,Dkk. 2015. “Indikator Kesejahteraan Rakyat 2015 (Welfare Indicators 2015)”, Badan Pusat Statistik,Jakarta,Indonesia.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Jambi: Pusaka.

Siswanto (2019) „Pemerintah Desa Kendalsari‟, Repository Unisula, Pp. 248– 320. Available At: Http://Repository.Unissula.Ac.Id.

Sugiyono, 2013. “ Memahami Penelitian Kualitatif” Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim Redaksi Kbbi Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Pt Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008, Hlm. 1057

Wilar, Meiita Marhani, Dkk. 2021. “Peran Pemerintah Desa Dalam Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Lanjut Usia Di Desa Lowian, Kecamatan Maesan,Kabupaten Minahasa Selatan.”, Jurnal Governance


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 60 times
PDF Download : 36 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.1747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cindy Ayu Lestari, Jona Gunawan Gultom, Sella Ariska, Julia Ivanna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.