Peranan Kader Posyandu Lansia dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Lansia di Desa Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Silvia Ananda Pratiwi(1), Wilson Wilson(2), Dafetta Fitrilinda(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengangkat isu tentang peranan kader posyandu lansia dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia di Desa Sibuak, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kontribusi kader posyandu lansia dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia di wilayah tersebut. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kader posyandu lanjut usia dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia di Desa Sibuak, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar dapat dilihat dari keberhasilan mereka dalam menggerakkan masyarakat, memberikan penyuluhan, dan memantau dengan baik pelaksanaan peran mereka.


Keywords


Peranan, Kader, Posyandu Lansia, Kesejahteraan Sosial

References


Amalia, S, dan Tulus, P. 2019. Prawatan Lansia oleh Keluarga dan Care Giver. Jakarta: Bumi Medika.

Emilia, O. (2015). Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriyani, D., & Rohmah, E. N. (2018). Peran Kader Posyandu Lansia dalam Pemantauan Kesehatan Lansia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 7(1), 15-20.

Hukom, A. (2014). Hubungan Ketenagakerjaan Dan Perubahan Struktur Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 7(2), 201–129.

Lestari, R. (2019). Peran Kader Posyandu Lansia dalam Peningkatan Kualitas Hidup. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 55-64.

Ningsih, E. S., Aisyah, S., Rohmah, E. N., & Sandana, K. N. S. (2022). Peningkatan Peran Kader Dalam Posyandu Lansia. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 191-197.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sundariningsih, S. (2020). Sumbangan Posyandu Lansia “Delima” Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Lansia di Dusun Widoro Kidul. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 169-177.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 57 times
PDF Download : 56 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Silvia Ananda Pratiwi, Wilson Wilson, Dafetta Fitrilinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.