Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Frontliner Bank Riau Kepri Syariah Cabang Utama Pekanbaru

Silvi Okta Haryatri(1), Harapan Tua(2),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Kecerdasan Intelektual merupakan kemampuan yang dimiliki untuk berfikir secara rasional berdasarkan ilmu pengetahuan yang dimiliki agar beradaptasi dengan lingkungan. Kecerdasan Intelektual memiliki tiga indikator yaitu, kemampuan figure, kemampuan verbal, dan kemampuan numerik. Kecerdasan Emosional kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan intelegensian, menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial.kecerdasan emosional memiliki lima indikator diantaranya, kesadaran diri, mengelola emosi, empati, motivasi, dan keterampilan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Frontliner Bank Riau Kepri Syariah Cabang Utama Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Deksriptif Kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah Analisis Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji f, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian adalah (1) Secara parsial Kecerdasan Intelektual tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja (2) Secara parsial Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap Kinerja. Secara simultan Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap Kinerja.


Keywords


Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kinerja

References


Ayu, Tirta Sati. 2018. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Finthariasari, Meilaty. Tia Misna Sari. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Negara Cabang Bengkulu. Jurnal Ilmiah Dan Ekonomi Bisnis.10(1), 2022

Ikatan Bankir Indonesia, 2017. Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kurniawan, Prasetyo. Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT, Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Cabang Tangerang Merdeka. JENIUS, 3(3), 2020.

Notoatmojdo, Seokidjo, 2009. Pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, Novriansyah Rizal, dan Ria Bahtiar Sulistyan. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Karangsari: Widya Gama Press.

Patterson, Stan. 2002. Primal Leadhershop: Realizing The Power Of Emotional Intelligence. Boston: The Harvard Business Review Press.

Rahmawati, Fathira. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam Frontliner Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Riau Kepri Cabang Syariah Pekanbaru. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Riau.

Ratmawati, Dwi, Arfandi D Nugroho. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerjadan Stres Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan Bagian Unit Kartu Kredit Bank X Regional Surabaya). Jurnal ekonomi dan bisnis. 23(2), 2021.

Rivai, Veithzal, Andria Permata Veithzal, dan Ferry N. Idroes. 2007. Bank And Financial Institution, Management Conventional And Sharia System. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P. 2006. Perilaku Organisasi (Edisi kese). PT Indeks Kelompok Gramedia.


Full Text: Untitled

Article Metrics

Abstract View : 55 times
Untitled Download : 28 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Silvi Okta Haryatri, Harapan Tua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.