Dari Tren Hingga Transformasi: Dinamika Kenakalan Remaja di Era Digital dan Implikasinya Terhadap Masyarakat di Kota Cilegon

Fadia Puja Ainun(1), Febrina Fadiatuz Zahro(2), Heni Setya Mawarni(3), Nida Nimatul Fauzah(4), Lulu Sakinah(5), Rara Rasiana(6), Rehnaningtyas Rehnaningtyas(7), Roulina Magdalena Siburian(8),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(4) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(5) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(6) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(7) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(8) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Artikel ini menginvestigasi dinamika kenakalan remaja di era digital dan dampaknya terhadap masyarakat di Kota Cilegon. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini mengeksplorasi perubahan tren kenakalan remaja seiring dengan transformasi digital. Fokus diberikan pada aspek-aspek seperti kehadiran daring, interaksi sosial dalam dunia maya, dan dampaknya pada kesejahteraan masyarakat setempat. Artikel ini juga menggambarkan respons dan strategi adaptasi yang dapat diadopsi oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk lembaga pendidikan, keluarga, dan pemerintah lokal, untuk mengatasi tantangan dan memitigasi dampak negatif kenakalan remaja di era digital. Melalui wawancara dan analisis data, artikel ini mencoba memahami faktor-faktor pendorong kenakalan remaja dan mencari solusi yang relevan dalam menghadapi dinamika ini. Implikasi hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pihak-pihak terkait, termasuk pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan, untuk mengembangkan strategi yang adaptif dan holistik dalam menjawab tantangan kenakalan remaja di era digital di kota Cilegon.


Keywords


Dinamika, Kenakalan, Remaja, Digital

References


Angraini, Najia & Ramli. (2018). Strategi Penanggulangan Kenakalan Remaja di Kelurahan Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah. Vol 8(1), hal 97-115.

Aqiilah, Dafffa., dkk. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Tindak Kenakalan Remaja. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi. Vol 6(1), hal 219-225.

B, Jhonson. (2023). “Promoting Positive Youth Engagement: The Role of Constructive Activities.” Youth Studies Quarterly, vol. 8, no. 2, pp. 87-225.

B, Sudarsono M. (2012). Kenakalan remaja: prevensi, rehabilitasi, dan resosialisasi. Rineka Cipta. Accessed 20 December 2023.

D, Yulianto. (2014). “Hubungan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan kenakalan remaja.” Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol. 1(1).

Jhonson B, Smith A., and Davis C. (2019). “Effective Interventions for Adolescent Delinquency: A Community-School-Family Approach.” Journal of Adolescent Psycholog. Vol. 45 (3), pp. 210-225.

Kartono, Kartini. (2011). Patologi II: kenakalan remaja. Rajagrafindo Persada. Accessed 20 December 2023.

Maknunah, Rizqi Jauharatul. (2020). Studi Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Semarang, Universitas Islam Negeri Walisongo. Accessed 20 Desember 2023.

Melfianora. (2019). “Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur.” Open Science Framework.

P, I Made Indra, and Ika Cahyaningrum. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Deepublish.

Rakhmatiah, R.K. (2020). Kearifan Lokal sebagai Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja. Jurnal Syntax Admiration. Vol 1(7), hal 917-926.

S, Sumara D., et al. (2017). “Kenakalan Remaja Dan Penanganannya.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 4(2).

Simatupang, Nurasriani. (2023). “Peran Masyarakat dalam Pencegahan Kenakalan Remaja.” Seminar Nasional Hukum, Sosial, dan Ekonomi. Accessed 20 Desember 2023.

Yusuf, A. Muri. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media. Accessed 20 December 2023.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 89 times
PDF Download : 98 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.1984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fadia Puja Ainun, Febrina Fadiatuz Zahro, Heni Setya Mawarni, Nida Nimatul Fauzah, Lulu Sakinah, Rara Rasiana, Rehnaningtyas Rehnaningtyas, Roulina Magdalena Siburian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.