Persepsi Mahasiswa terhadap Aturan Berpakaian di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

Febriansyah Pratama(1), Azahra Risti Dwifitri(2), Melan Armadani(3), Muhammad Alif Han(4), Rizky Rori Pratama(5), Sasqia Bunga Ariani(6), Fajriawati Fajriawati(7),


(1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(4) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(5) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(6) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(7) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Corresponding Author

Abstract


Aturan berpakaian merupakan salah satu aspek yang penting dalam sebuah universitas, terutama universitas yang berbasis Islam. Aturan berpakaian dapat mempengaruhi citra dan kredibilitas universitas di mata masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap aturan berpakaian di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian adalah mahasiswa UMSU yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengetahui aturan berpakaian yang berlaku di UMSU, jarang melanggar aturan berpakaian, dan setuju bahwa aturan berpakaian perlu diperketat. Mahasiswa juga memiliki sikap yang positif terhadap mahasiswa lain yang melanggar aturan berpakaian, yaitu memberi peringatan dan saran. Mahasiswa menyadari bahwa dampak dari melanggar aturan berpakaian adalah menjadi pusat perhatian dan menurunkan citra dan kredibilitas universitas. Mahasiswa juga memberikan saran untuk meningkatkan kepatuhan terhadap aturan berpakaian, yaitu dengan memberikan sangsi yang lebih baik.


Keywords


Aturan Berpakaian, Persepsi Mahasiswa, UMSU

References


Agussani. (2021). Panduan Akademik 2020/2021 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://www.nber.org/papers/w16019

Ayubi, J. O. (2022). Implementasi Kode Etik Berpakaian Pada Mahasiswa/i PAI Leting 2019 Di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK).

Nenti Aninsa Putri, Ayi Sobarna, H. R. (2023). Implementasi Ketentuan Menutup Aurat di Universitas Islam Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(1), 229–239. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6865

Ramlan Ramlan, Nurul Hakim, Muhammad Yusrizal, F. F. (2018). Optimalisasi Potensi Ekowisata di Lahan Hutan Bakau Dikaitkan Dengan Upaya Pncegahan Bencana Pada Wilayah Pesisir Desa Lubuk Kertang. Borneo Law Review, 1–15.

Yuliana, R. (2019). Konsep Diri Mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau yang Berpakaian Tidak Sesuai Aturan.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 71 times
PDF Download : 65 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Febriansyah Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.