Implementasi Evaluasi Bentuk Non Test Dalam Mata Kuliah Pendidikan Aqidah Akhlak Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta

Anas Lutfia Natasya(1), Lylin Nafsi Hafidloh(2), Winiar Latifah(3), Nurul Latifatul Inayati(4),


(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
Corresponding Author

Abstract


Evaluasi mata kuliah pendidikan aqidah akhlak menggunakan bentuk non tes yakni dilakukan dengan praktek microteaching dimana seorang mahasiswa diharuskan Melakukan praktik mengajar di hadapan mahasiswa atau calon guru dalam skala kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana konsep evaluasi yang dilakukan oleh dosen pendidikan aqidah akhlak dalam mengukur tingkat keberhasilan siswa dan apa saja kendala yang dialami dalam proses evaluasi pendidikan aqidah akhlak Semester enam prodi PAI fakultas agama Islam di universitas Muhammadiyah Surakarta.metode yang digunakan adalah pendekatan kulitatif dengan jenis deskriptif. Dalam penelitian kualitatif peneliti menjadi instrument. Sampel penelitian yaitu Dosen PAI UMS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan rekaman audio informan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan atau verifikasi. Teknik uji kebsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi mata kuliah pendidikan aqidah akhlah semester enam di UMS menggunakan bentuk non test yakni dilakukan dengan praktek microteaching. Kemudian, dalam proses pelaksanaan microteaching, terdapat beberapa tahap yakni tahap perkenalan microteaching, perencanaan, dan praktek. Sedangkan capaiannya mahasiswa bisa mengajar susuai dengan urutan RPP yang sudah mereka buat. Tantangan dalam menggunakan microteaching sebagai evaluasi yakni, guru harus menggunakan metode pembelajaran yang variatif.


Keywords


Evaluasi, Non Test, Mata kuliah Pendidikan Aqidah Akhlak

References


Abdullah, A., & Nurul, I. L. (2019). Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam Cetakan 1. Universitas Muhammadiyah Surakarta Press.

Ali, H. M. (2000). Guru dalam proses belajar mengajar. PT Sinar Baru Algensindo.

Al-kautsar Zuhraini,dkk. (1995). Filsafat Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Aminah, S., & Nursikin, M. (2023). Tugas Guru di Kelas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Islam. Journal on Education, 5(4), 12710-12719.

Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi belajar dan mengajar guru pada abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).

Cahyati, N. (2014). Empati anak prasekolah: Studi deskriptif di TK Permata Iman 3 Sukun Malang[Malang: UIN Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin- malang.ac.id/1652

Magdalena, I., Fatmawati, F., Luthfiyah, J., & Khoiriyah, S. (2021). Pengunaan Instrumen Evaluasi Non Tes Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Iv Di Sdi Nur Insan. EDISI, 3(2), 197-209.

Maulia, Zahrotul. 2013. Teknik Evaluasi Hail Belajar Nontes. http://zahrotulmaulia88.blogsopt/2013/07/teknik-evaluasi-hasil-belajarnon-tes.html. Diunduh pada 25 Juni 2021

Novayanti, F. (2017). Analisis Strategi Penilaian Non Tes Guru (Presentasi Kelas) Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts. Ismailiyyah Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016.

Olensia, Y. (2018). Analisis pelaksanaan micro teaching calon guru kimia di FITK UIN Raden Fatah Palembang. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 58-70.

Rukajat, A. (2018). Teknik evaluasi pembelajaran. Deepublish.

Ubaidah, Darwis Abu. Panduan Akidah Ahlu Sunnah Wal Jamaah. 2008. Jakarta: Pustaka. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada Pasal 1


Full Text: Untitled

Article Metrics

Abstract View : 66 times
Untitled Download : 39 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anas Lutfia Natasya, Lylin Nafsi Hafidloh, Winiar Latifah, Nurul Latifatul Inayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.