Mentality-Approach Dalam Implementasi Kebijakan Ketertiban Umum pada Pedagang Kaki Lima di Sekitar Pasar Mandau Raya Kabupaten Bengkalis

Nur Maharani Zurima(1), Hasim As’ari(2),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Ketertiban dalam pasar merupakan suatu hal penting yang harus dijaga, untuk itu pemerintah membuat Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 1 Tahun 2016 tentang ketertiban umum. Agar implementasi kebijakan sukses maka diperlukannya mentality dari para aktor. Namun, fakta di lapangan masih banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan di badan jalan, tidak diterapkannya sanksi pada pedagang yang melanggar peraturan serta kurangnya kebersihan dan ketertiban pasar.  Dalam penelitian ini menggunakan teori implementasi oleh Yulianto Kadji (2015) yaitu teori MSN-approach yang ditinjau dari pendekatan mentality-approach dengan 3 indikator, antara lain: Sikap, Perilaku, Tanggung Jawab yang dilihat dari pemerintah, pedagang kaki lima dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mentality-Approach Dalam Implementasi Kebijakan Ketertiban Umum Pada Pedagang Kaki Lima Di Sekitar Pasar Mandau Raya Kabupaten Bengkalis dikatakan masih belum sesuai dengan yang diharapkan dan pelaksanaannya yang juga belum optimal. Kendala dalam Implementasi Kebijakan Ketertiban Umum Pada Pedagang Kaki Lima Di Sekitar Pasar Mandau Raya Kabupaten Bengkalis dilihat dari mentality-approach yaitu: Tidak tegasnya Satpol PP dalam menegakkan peraturan, Anggapan lokasi berdagang menentukan jumlah pelanggan, dan Tidak diterapkannya Sanksi Sesuai Peraturan.


Keywords


Implementasi Kebijakan, Ketertiban Umum, Pedagang Kaki Lima, Mentality

References


Abdul Wahab, Solichin. (2006). Analisis Kebijakan; Dari Formulasi ke Implementasi Kebijkan Negara. Jakarta : Bumi Aksara.

Abidin, Said Zainal. (2004). Kebijakan Publik. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.

Abu, Munawar. (2007). Psikologi perkembangan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Agus Purwanto, Erwan. (2012). Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta : Gava Media.

Agustino, Leo. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta.

Agustino, Leo. (2012). Dasar-dasar Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta.

Agustino, Leo. (2016). Dasar-dasar Kebijakan Publik, Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta

Aslinda. (2018). Model Kebijakan Publik dan Teori Perubahan Kebijakan. Penerbit K-Media

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka

Damara, W. (2020). Implementasi Kebijakan Tentang Ketertiban Umum Dan Ketenteraman Masyarakat Studi: Penertiban Pedagang Kaki Lima Oleh Satuan Polisi Pamong Praja Di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Tatapamong, 1-16.

H Noeng, Muhadjir. (2003). Metodologi Penelitian Kebijakan dan Evaluasi Reseach. Yogyakarta: Raka Sarakin.

Haeruddin, H. (2020). Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan, 1(1).

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan. Gorontalo: CV. Absolute Media.

Kadji, Yulianto. (2015). Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo Press

Larasati, D. C., Zusana, S. N., & Djua, M. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 10(3), 193-201.

Lestari, N. L. N., & As' ari, H. (2022). Implementasi Kebijakan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kabupaten Siak. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 43-58.

Mar’at. (1981). Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta : Ghalia

Miles, M.B dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Penerjemah: T.R Rohidi). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nugroho, D. R. (2008). Public Policy, Edisi Kedua. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Nugroho, D. R. (2014). Public Policy, Edisi Kelima. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 59 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Esolenering, Tugas, Fungsi dan Uraian Tugas Serta Tata Kerja pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bengkalis

Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Ketertiban Umum

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja

Putra, I. R., Yuliani, F., & As' ari, H. (2022). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (Studi Kasus Penyediaan Perlengkapan Jalan Umum yang Berstatus Sebagai Jalan Kota di Kecamatan Pekanbaru Kota). Jurnal Niara, 14(3), 284-291.

Subarsono. (2011). Analisis Kebijakan Publik (konsep. teori dan aplikasi). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sujatna, Y. (2018). Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima di Kawasan Kota Tua Jakarta. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 307-314.

Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung AIPI.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 59 times
PDF Download : 21 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.2047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Maharani Zurima, Hasim As’ari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.