Bubur Tempe Sebagai Upaya Membantu Pemulihan Kasus Diare pada Anak

Mustikasari Dewi(1), Firza Zaenatin(2), Galuh Setyo(3), Revilia Kania(4), Purnama Indah(5),


(1) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(2) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(3) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(4) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(5) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
Corresponding Author

Abstract


Diare telah menyebabkan perkembangan pada anak-anak menurun. Saat ini bidang kesehatan sudah menemukkan sarana supaya anak bisa mengurangi konsumsi obat diare  dan membuat balita tidak kekurangan cairan. Masalah kesehatan pada anak di Indonesia sangat kompleks dan bervariasi salah satu nya yang memnyebabkan anak kekurangan cairan adalah diare. Permasalahan penurunan angka diare pada balita merupakan salah satu prioritas pemerintah  di bidang kesehatan. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok kader kesehatan dan penggerak PKK adalah (1) belum memiliki pengetahuan tentang bahayanya diare (2) belum mengetahui keterampilan tentang pembuatan bubur tempe. Tujuan pengabdian ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan pada ibu penggerak PKK dan kader kesehatan di desa Singkil (2) Supaya ibu penggerak PKK dan kader kesehatan di  desa Singkil mengetahu cara pembuatan bubur tempe (3) Membangun komunitas masyarakat peduli kesehatan balita. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah (1) Pelatihan cara pembuatan bubur tempe  (2) Membuat komunikasi masyarakat peduli kesehatan balita (3) Pemberi fasilitas kepada balita yang sedang mengalami diare. Kegiatan pengabdian ini melibatkan mahasiswa sebagai wujud dukungan terhadap program MBKM yang dicanangkan pemerintah. Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan mengenai diare dan keterampilan membuat bubur tempe (2) publikasi pada nurnal nasional pengabdian masyarakat.


Keywords


Balita, Diare

References


Akbar, Hairil. "Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Anak Balita di Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala." Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat 2.3 (2019): 78-83.

Anggraini, Debie, and Olivitari Kumala. "Diare Pada Anak." Scientific Journal 1.4 (2022): 309-317.

Jateng, Dinkes. "Profil Dinas Kesehatan Jawa Tengah." Profil Kesehatan Jawa Tengah (2018).

Kristantini, Indah. Penerapan Pemberian Bubur Tempe Terhadap Frekuensi Diare Anak. Diss. Universitas Duta Bangsa Surakarta, 2023.

Kurniawati, Kurniawati, Endang Zulaicha Susilaningsih, and S. Kp. Upaya Penanganan Dehidrasi Pada Pasien Diare Anak Di RSUD Pandan Arang Boyolali. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Maharani, Baiq. "Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita di Dukuh Pilang Kelurahan Ketitang Kecamatan Nogosari." Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI) 13.2 (2020): 36-52.

Milindasari, Praty, and Ida Yatun Khomsah. "Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Pembuatan Bubur Tempe untuk Penanganan Diare pada Balita di Lingkungan Akper Bunda Delima Bandar Lampung." Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 5.9 (2022): 3017-3026.

Sari, Dewi Kartika, and Anjar Nurrohmah. "Bubur tempe membantu penanganan diare pada balita." GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.1 (2019): 10-18.

Simanungkalit, Happy Marthalena, and Muliana Muliana. "Pemberian Bubur Tempe terhadap Lamanya Diare Akut pada Balita di Puskesmas Puruk Cahu." Jurnal Kesehatan Manarang 7.1 (2021).

Utami, Nurul, and Nabila Luthfiana. "Faktor-faktor yang memengaruhi kejadian diare pada anak." Jurnal majority 5.4 (2016): 101


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 55 times
PDF Download : 31 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.2051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mustikasari Dewi, Firza Zaenatin, Galuh Setyo, Revilia Kania, Purnama Indah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.