Bubur Tempe Sebagai Upaya Membantu Pemulihan Kasus Diare pada Anak

Maryatun Maryatun(1), Rineke Berliana M(2), Rischa Dwi Prastiwi(3), Stevanie Sherly F. P(4), Vivi Mei Syaroh(5), Ratno Yuliyanto(6),


(1) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(2) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(3) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(4) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(5) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
(6) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk hilirasi dasar anggota tim yang di danai oleh Universitas Aisyiyah Surakarta tahun 2021 dengan SK penelitian No : 042/P3M/III/2022. Diare telah menyebabkan perkembangan pada anak-anak menurun. Saat ini bidang kesehatan sudah menemukkan sarana supaya anak bisa mengurangi konsumsi obat diare  dan membuat balita tidak kekurangan cairan. Masalah kesehatan pada anak di Indonesia sangat kompleks dan bervariasi salah satu nya yang memnyebabkan anak kekurangan cairan adalah diare. Permasalahan penurunan angka diare pada balita merupakan salah satu prioritas pemerintah  di bidang kesehatan. Permasalahan  mitra dari hasil observasi diperoleh bahwa sebagian besar masyarakat tidak mengetahui akan pembuatan bubur tempe pada balita yang terkena diare. Masyarakat tidak menganggap diare yang terjadi pada balita  itu akan  menyebabkan balita kekurangan cairan. Ibu penggerak PKK dan  kader kesehatan selama ini tidak mendapatkan informasi pengetahuam serta keterampillan bagaimana cara  membuat bubur tempe dan mengenai idealnya cairan yang harus ada di tubuh balita. Sebagian besar masyarakat tidak mengetahui dampak yang di timbullkan pada balita yang mengalami diare. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok kader kesehatan dan penggerak PKK adalah (1) belum memiliki pengetahuan tentang bahayanya diare (2) belum mengetahui keterampilan tentang pembuatan bubur tempe. Tujuan pengabdian ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan pada ibu penggerak PKK dan kader kesehatan di desa Singkil (2) Supaya ibu penggerak PKK dan kader kesehatan di  desa Singkil mengetahu cara pembuatan bubur tempe (3) Membangun komunitas masyarakat peduli kesehatan balita. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah (1) Pelatihan cara pembuatan bubur tempe  (2) Membuat komunikasi masyarakat peduli kesehatan balita (3) Pemberi fasilitas kepada balita yang sedang mengalami diare. Kegiatan pengabdian ini melibatkan mahasiswa sebagai wujud dukungan terhadap program MBKM yang dicanangkan pemerintah. Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan mengenai diare dan keterampilan membuat bubur tempe (2) publikasi pada nurnal nasional pengabdian masyarakat.


Keywords


Komunikasi, Peduli, Balita, Diare

References


Ariyanto, Edy. "Dukungan Petugas Kesehatan Dan Kader Posyandu Dengan Upaya Penanganan Diare Pada Balita (1–5 Tahun) Di Kota Banjarmasin." An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 4.2 (2018): 59-63.

Christy, Meivi Yusinta. "Faktor yang berhubungan dengan kejadian dehidrasi diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kalijudan." Jurnal berkala epidemiologi 2.3 (2014): 297-308

Fanya, Niken Lora Kusuma. Penanganan Diare Pada Balita Di Masyarakat. Diss. ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang, 2022

Fanya, Niken Lora Kusuma. Penanganan Diare Pada Balita Di Masyarakat. Diss. ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang, 2022.

Indriyani, Desa Putu Rendang, and I. Gusti Ngurah Sanjaya Putra. "Penanganan terkini diare pada anak: tinjauan pustaka." Intisari Sains Medis 11.2 (2020): 928-932.

Khasanah, Uswatun, and Galuh Kartika Sari. "Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang diare dengan perilaku pencegahan diare pada balita." Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu 7.2 (2016): 149-160

Milindasari, Praty, and Ida Yatun Khomsah. "Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Pembuatan Bubur Tempe untuk Penanganan Diare pada Balita di Lingkungan Akper Bunda Delima Bandar Lampung." Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 5.9 (2022): 3017-3026.

Nasution, Zulkarnain, and Rika Fitriani Samosir. "Pengetahuan dan sikap ibu tentang penanganan diare di puskesmas Polonia Medan." Jurnal Darma Agung Husada 5.1 (2019): 46-51.

Puspita, Tirla, Darah Ifalahma, and Anita Dewi Lieskusumastuti. "Penanganan Diare Pada Anak Secara Alami: Literature Review." Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional. 2022

Rahmad, Hussin Nur, Endang Zulaicha Susilaningsih S. Kp, and M. Kep. Upaya Pencegahan Diare Berulang Pada Anak Usia Toodler. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Safitri, Rahmatul Ulya Heni. Inovasi Pemberian Bubur Tempe Untuk Diet Diare Pada Anak. Diss. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018.

Ummah, Kholifatul. "Upaya Penanggulangan Diare Di Kabupaten Lamongan." Jurnal Ilmiah Obsgin: Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan & Kandungan P-ISSN: 1979-3340 e-ISSN: 2685-7987 14.2 (2022): 110-113.

Wulandari, Ade. "Penanganan diare di rumah tangga merupakan upaya menekan angka kesakitan diare pada anak balita." Jurnal Health and Sport 5.2 (2012).

Wulandari, Ade. "Penanganan diare di rumah tangga merupakan upaya menekan angka kesakitan diare pada anak balita." Jurnal Health and Sport 5.2 (2012).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 53 times
PDF Download : 30 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.2076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maryatun Maryatun, Rineke Berliana M, Rischa Dwi Prastiwi, Stevanie Sherly F. P, Vivi Mei Syaroh, Ratno Yuliyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.