Strategi Pelayanan Prima Terhadap Penumpang Maskapai PT. Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya

Muhammad Badrus Sholeh(1), Faiz Albana(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


PT. Citilink Indonesia adalah maskapai dengan low budgeting service carrier yang mampu bertahan di era pandemic Covid-19. Meski low budgeting, maskapai ini menyediakan In-Flight yang kualitasnya menyerupai PT. Garuda Indonesia yang merupakan maskapai full services carrier. Salah satu maskapai penerbangan yang dilayani dengan standard pelayanan prima di Terminal IA Bandar Udara Internasional Juanda. Salah satu maskapai LCC terbanyak yang melayani extra flight setiap kali peak season baik di terminal kedatangan maupun terminal keberangkatan domestik di Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya. Faktor utama dalam memberikan kepuasan bagi pelanggan (costumer satisfication) adalah dengan adanya pelayanan prima yang dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggan yang kemudian tentunya akan memberikan nilai bagus pada keberlangsungan perusahaan (business suistanable). Penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang didapatkan berupa hasil wawancara kepada petugas maskapai Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda serta dokumen yang digunakan untuk melakukan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pelayanan prima yang digunakan  makapai Citilink Indonesia dalam  pelayanan prima pada proses Pre Flight, In flight, dan Post Flight  dilakukan dengan indikator- indikator pelayanan pada umumnya dan bersifat tidak tertulis, hanya saja prosedur pelaksanaan terdapat point instrument yang ada pada SOP Pelayanan Citilink Indonesia. Strategi yang dilakukan makapai Citilink Indonesia untuk mengembangkan  pelayanan prima berupa penekanan pada 3 indikator pelaksanaan dalam pelayanan penumpang yaitu kecepatan, akurasi, dan tanggung jawab. Ketiga indikator tersebut adalah garis pokok dalam mengembangkan strategi pelayanan prima yang diberikan petugas maskapai citilink berlaku kepada semua penumpang.


Keywords


Citilink Indonesia, Strategi Pelayanan, Pelayanan Prima

References


Anwar F. 2021. Analisis kualitas pelayanan terminal kargo bandara dengan jaringan probabilistic. Jurnal Perhubungan Udara Warta Ardhia. 41 (2) : 59 – 68.

Citilink Indonesia. 2022. Informasi Penerbangan Citilink Terkait

COVID-19.https://www.citilink.co.id/citilink-terkait-covid-19. 10 Desember 2022. Hutagaol. 2020. Pengantar Penerbangan Perspektif Profesional. Jakarta : Erlangga INACA [International National Air Carriers Assosiation]. 2017. Indonesia Aviation

Outlook 2017. Jakarta : Willis Towers Watson.

Daniswara. H (2018). Analisis Persepsi Wisatawan Domestik terhadap Pelaksanaan Pelayanan Prima Maskapai Lion Air di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya S1 Pariwisata Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Hidayat. R, Basit, A. (2018). Pengaruh Service Excellence terhadap Brand Equity pada Pelanggan Batik Air. Jurnal Nyimak Journal of communication Vol.2 (1). Universitas Muhammadiyah Tangerang

INACA [Indonesia National Air Carriers Assosiation]. 2021. Indonesia Aviation Outlook 2021. Jakarta : Willis Towers Watson.

Kemenhub [Kementerian Perhubungan]. 2009. Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Jakarta : Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan.

Kemenhub [Kementerian Perhubungan]. 2021. Peraturan Menteri Nomor 30 Tahun 2021 tentang Standard Pelayanan Minimal Penumpang Angkutan Udara. Jakarta : Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan.

Majid. 2019. Manajemen Strategi Perusahaan Penerbangan. Jakarta : In Media Mandoko A. 2020. Tingkat kepuasan penumpang terhadap layanan maskapaicpenerbangan PT. Lion Air Rute Mamuju – Jakarta. Jurnal Perhubungan Udara Warta Ardhia. 41 (1) : 19 – 28.

Nugroho, B. A., Zulkifli, & Sihite, M. (2021). Strategi Memaksimalkan Tingkat Pemilihan Penumpang Terhadap Bandara Internasional Yogyakarta Berbasis Kepuasan Penumpang Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Kompetitif Strategy To Maximize Passenge. 9066.

Prihadi T. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Rahmayanti, Nira. 2013. Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta, Graha Ilmu

Subekti. 2017. Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Terminal Domestik di Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta. Jurnal Warta Penelitian Perhubungan. 29 (2), Juli-Desember 2017

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi BK, Dipopramono AH. 2020. Transportasi, Konektivitas, dan Ketahanan Nasional. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara

Tampubolon MP. 2023. Manajemen Keuangan (Finance Management). Jakarta : Mitra Wacana Media.

You She Melly Anne Dharasta, Aditya Dewantari, Awan. 2022. Strategi pelayanan prima PT Angkasa Pura I di Yogyakarta International Airport. Jurnal Manajemen Dirgantara. 15 (1) : 102 – 109.

Yuliana D. 2019. Pengaruh fasilitas, layanan dan informasi aksesibilitas terhadap tingkat kepuasan penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung. Jurnal Perhubungan Udara Warta Ardhia. 43 (1) : 27-42.

Yuliawati E. 2019. Demand forecasting model dengan pendekatan sistem dinamis untuk mendukung Analisa finansial dalam pengembangan infrastruktur bandar udara di Indonesia. Jurnal Perhubungan Udara Warta Ardhia. 41 (3) : 111 – 124.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 66 times
PDF Download : 39 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.2077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Badrus Sholeh, Faiz Albana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.