Penerapan Prinsip-Prnsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang

Huldah Nilan Setianingrum(1), Damanhuri Damanhuri(2), Ronni Juwandi(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan publik di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Pelayanan yang efektif dan efisisen sangat diperlukan untuk menyelesaikan perkara yang semakin meningkat di Pengadilan Tata Usaha Negara. Terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas merupakan salah satu ciri good governance. Penerapan prinsip good governance sangat penting dalam pelaksanaan pelayanan publik di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang yang baik dan bermutu tentunya meningkatkan kepercayann masyarakat terhadap lembaga peradilan dalam memutuskan setiap perkara yang diajukan oleh masyarakat. Dengan diterapkannya prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan publik akan diketahui apakah prinsip-prinsip tersebut benar-benar diterapkan dan dirasakan manfaatnya oleh para pihak, pegawai maupun staff di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Penelitian ini dilakukan di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah staff pengadilan PTSP, pegawai PTSP, dan pihak yang berperkara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance  di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang didukung dengan adanya inovasi-inovasi yang terus diciptakan serta dikembangkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara serang. Namun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya yaitu masih terdapat masyarakat yang belum mengerti menggunakan inovasi teknologi yang diciptakan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Dengan diterapkannya good governance di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang maka Pengadilan Tata Usaha Negara Serang dapat memberikan pelayanan yang optimal dan sesuai yang diharapkan oleh pihak yang berperkara.


Keywords


Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance, Pelayanan

References


Fadillah, S. A., Nida, Q., Juwandi, R., (2022). Implementasi Pelayanan Publik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Banten dalam Perspektif Peningkatan Literasi Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan. 6.

Irawan, A. (2018). Transparansi Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarkatan. 6.

Kamaluddin, S. Tata Kelola Pemrintahan Yang Baik (Good Governance) Pada Kantor Distrik Okhika Kabupaten Pegunungan Bintang. Universitas Yapis Papua. 223.

Putrijanti, A., Leonard, T. L., Utama, K. W. (2018). Peran PTUN dan AUPB Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Jurnal Mimbar Hukum, Volume 30 Nomor 2 Halaman 278.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, Dan Kepemimpinan Masa Depan: Mewujudkan Pelayanan Prima Serta Kepemerintahan Yang Baik.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 62 times
PDF Download : 39 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.2081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Huldah Nilan Setianingrum, Damanhuri Damanhuri, Ronni Juwandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.