Komunikasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit Kencana (DKT)

Dera Alfiani(1), Rd. Nia Kania Kurniawati(2), Ail Muldi(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Tahun 2018 sampai dengan tahun 2023 Kementerian Kesehatan RI berfokus pada pencapaian Universal Health Coverage melalui percepatan eliminasi TB, penurunan Stunting (Gagal Tumbuh/Kerdil) dan peningkatan cakupan serta pelayanan imunisasi. Ketiga permasalahan tersebut yang menjadi fokus pemerintah dan menjadi bagian dari prioritas pengawasan secara multisektoral dengan merujuk keterlibatan semua pihak, salah satunya adalah keterlibatan rumah sakit melalui kegiatan promotif dan prefentif. Rumah Sakit Kencana sebagai salah satu layanan kesehatan yang terletak di wilayah Kota Serang, Banten di bawah naungan TNI AD yang dikenal sebagai rumah sakit dengan sumber daya tenaga medis baik dokter, perawat, penunjang dan lainnya mayoritas dari anggota TNI militer. Sehingga hal ini dapat menjadi salah satu fokus utama unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit Kencana (DKT) dalam menyusun strategi komunikasi yang harus dilakukan agar pesan yang disampaikan tepat pada sasaran sehingga mencapai hasil yang diharapkan dalam kegiatan promosi kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa secara internal institusi militer memiliki karakter komunikasi yang instruktif, namun militer menunjukkan arus komunikasi dua arah yang dapat bersifat top-down pada suatu saat dan juga bottom-up pada waktu dan situasi yang lain sehingga adaptif dalam mengkomunikasikan promosi kesehatan. Komunikasi promosi kesehatan yang dilakukan Rumah Sakit Kencana (DKT) dilakukan dengan pendekatan komunikasi instruktif sekaligus komunikasi persuasif dengan menerapkan strategi komunikasi kesehatan advokasi, dukungan sosial, dan pemberdayaan masyarakat.


Keywords


Komunikasi, Promosi Kesehatan, Strategi Promosi Kesehatan

References


Alisya, N. (2020). Kampanye Komunikasi Kesehatan (Studi Kasus Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Oleh Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Riau Tahun 2018-2019), (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Anisa, R., Yustikasari, Y., & Dewi, R. (2022). Media Informasi Dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2869-2874.

Bahar, B., Syafar, M., & Yusuf, Y. (2010). Analisis Strategi Promosi Kesehatan di Puskesmas Bambalamotu dalam Pembinaan Masyarakat Suku Da a di Desa Kasoloang Kab. mamuju Utara. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin, 6(3), 27370.

Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Candrasari, S., & Naning, S. (2019). Strategi komunikasi persuasif Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dalam penyuluhan penyakit kaki gajah. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 6(1), 85.

Cangara, Hafied. (2014). Perencanaan & Strategi Komunikasi (Edisi Revisi).

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications

Depkes RI. 1992. Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 986/Menkes/Per/11/1992. Jakarta: Depkes RI.

Hendriani, A. D., & Hadi, E. N. (2020). Evaluasi Standar Promosi Kesehatan Rumah Sakit Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jukema (Jurnal Kesehatan Masyarakat Aceh), 6(1), 29-42.

Hikmat, Mahi. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. yogyakarta: Graha ilmu, 2011.

Hindayani, L., Haika, N. U., Herdati, J. P., Achmadi, A., & Kurniawati, M. F. (2022). Komunikasi Kesehatan di Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13478-13484.

Jakarta: Rajawali Pers.

Kemenkes. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit. Jakarta : Kemenkes

Kholid, Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, Dan Aplikasinya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Komariah, K., Perbawasari, S., Nugraha, A. R., & Budiana, H. R. (2013). Pola komunikasi kesehatan dalam pelayanan dan pemberian informasi mengenai penyakit tbc pada puskesmas di kabupaten bogor. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 173-185.

Kotler, P. a. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1 . Jakarta: Erlangga

L. No. 36, http://sireka.pom.go.id (2009). Indonesia. Retrieved from http://sireka. pom.go.id/requirement/UU-36-2009- Kesehatan.pdf

Rachmi, Y. N. (2022). Implementasi Handling Complain Di Rumah Sakit Bhayangkara Setukpa Sukabumi. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa, 4(3), 118-128.

Rahardi, A. B. (2019). Strategi Penanganan Keluhan (Handling Complaint) Pasien Di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten, Jawa Tengah Indonesia.

Rahmadani, R., & Sutarso, J. (2019). Strategi Promosi Kesehatan Puskesmas Colomadu II dalam Mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kepada Masyarakat (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suteja, R. S. A., Umar, U., Wibowo, N. S. W., & Ramadhiansyah, D. (2022). Penggunaan Instagram@ Premature. Indonesia Sebagai Media Promosi Kesehatan Dan Pencegahan Prematuritas. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 83-105.

Talib, D. (2021). Analisis Peran Stakeholder Dalam Pengembangan Destinasi Wisata. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 3(1), 12-18.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,

Undang-undang republik indonesia nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, Pub. Yogyakarta: Gajah Mada Press.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 123 times
PDF Download : 63 times

DOI: 10.57235/motekar.v2i1.2186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dera Alfiani, Rd. Nia Kania Kurniawati, Ail Muldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.