Networking-Approach dalam Implementasi Kebijakan Pengelolaan Perparkiran di Kota Pekanbaru

Inggrid Tabiena Roswa(1), Hasim As’ari(2),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Implementasi kebijakan pengelolaan perparkiran di Kota Pekanbaru melibatkan aktor-aktor yang membentuk jejaring kerjasama. Sebuah produk kebijakan yang ingin diimplementasikan dipastikan bersinggungan dengan tiga dimensi policy of stakeholders yaitu Government, Private Sector, dan Civil Society. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang parkir di rambu larangan parkir, banyaknya juru parkir yang bekerja tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi Networking-Approach dalam Implementasi Kebijakan Pengelolaan Perparkiran di Kota Pekanbaru. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah model implementasi kebijakan menurut Yulianto Kadji (2015) yaitu teori MSN-Approach yang ditinjau dari Networking-Approach dengan tiga indikator, antara lain: kemitraan strategis, sinergitas, dan simbiosis mutualisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Networking-Approach dalam implementasi kebijakan pengelolaan perparkiran di Kota Pekanbaru pada sinergitas dan jejaring kerjasama dalam prinsip simbiosis mutualisme belum terlaksana secara merata dan jejaring kerjasama ini belum terwujud dalam membangun untuk kepentingan publik. Kendala dalam implementasi kebijakan pengelolaan perparkiran di Kota Pekanbaru dilihat dari Networking-Approach, antara lain: juru parkir tidak tertib, kurangnya kepatuhan masyarakat, dan sarana prasana kurang memadai.


Keywords


Implementasi Kebijakan, Pengelolaan Perparkiran, Jejaring Kerjasama

References


Agustino, L. (2016). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfabeta. Bandung.

Fajri, A. Y. (2023). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Parkir melalui Aplkasi Si-TaKir di Kota Palangka Raya (Doctoral dissertation, IPDN).

Fauzi, H. (2019). Implementasi Kebijakan Penertiban Parkir On Street Di Kota Pekanbaru Tahun 2017-2018. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(2), 1-13.

Hafsah, M.J. (2000). Kemitraan Usaha. Sinar Harapan. Jakarta.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta.

Kadji, Y. (2015). Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi dalam Fakta Realitas. Universitas Negeri Gorontalo Press. Gorontalo.

Keban, Y.T. (2014). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Lestari, N. L. N., & As' ari, H. (2022). Implementasi Kebijakan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kabupaten Siak. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 43-58.

Miles, M.B dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia. Jakarta.

Moleong, L.J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nugroho, R. (2008) Public Policy. PT Elex media komputindo. Jakarta.

Nugroho, R. S., Rostyaningsih, D., & Lestari, H. (2023). Analisis Networking Dalam Implementasi Kebijakan Perlindungan Perempuan Dan Anak. Journal of Public Policy and Management Review, 12(2), 149-168.

Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Di Kota Pekanbaru.

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 106 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 132 Tahun 2020 Tentang Standar Pelayanan Minimal Unit Pelaksana Teknis Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 138 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaran Perparkiran.

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 284 Tahun 2017 Tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Perparkiran pada Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 41 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 2020 Tentang Tarif Layanan Parkir Pada Unit Pelaksana Teknis Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Sebagai Badan Layanan Umum Daerah.

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 76 Tahun 2021 Tentang Pola Tata Kelola Badan Layanan Umum Daerah pada Unit Pelayanan Teknis Perparkiran Kota Pekanbaru.

Putra, I. R., Yuliani, F., & As' ari, H. (2022). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (Studi Kasus Penyediaan Perlengkapan Jalan Umum yang Berstatus Sebagai Jalan Kota di Kecamatan Pekanbaru Kota). Jurnal Niara, 14(3)

Rakamdani. (2019). Sinergitas Aktor Dalam Pengembangan Desa Wisata Okura di Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. 6, 1–16.

Rizwan, M. A., Basori, Y. F. F., & Sampurna, R. H. (2021). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Parkir Di Kota Sukabumi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(3)

Sidappa, L. N. (2020). Implementasi Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Parkir Tepi Jalan Umum Dalam Daerah Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Wahab, S.A. (2014). Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Winarno. B. (2008). Kebijakan Publik (Teori dan Proses). Media Pressindo. Yogyakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 122 times
PDF Download : 40 times

DOI: 10.57235/motekar.v2i1.2307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Inggrid Tabiena Roswa, Hasim As’ari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.