Pengembangan Media Smart Reading Board (Papan Baca Pintar) Untuk Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD
(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang berlatar belakang adanya masalah terkait dengan kemampuan membaca dan media pembelajaran. Masalah yang dihadapi adalah kemampuan membaca siswa masih rendah dan media pembelajaran disekolah masih kurang mendukung. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran penelitian pengembangan Smart Reading Board. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa Smart Reading Board (Papan Baca Pintar) dan menguji keefektifan media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu dengan 10 tahap. Dari 10 tahap, peneliti hanya menggunakan 8 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Ujicoba Produk (7) Revisi Produk (8) ujicoba pemakaian. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara dan angket, wawancara digunakan untuk menganalisis kebutuhan kepada guru kelas I SDN Sambongpermai, sedangkan angket digunakan untuk validasi Smart Reading Board. Hasil validasi pada media pembelajaran Smart Reading Board yang dilakukan oleh dosen ahli media dengan hasil validasi 4,46 dengan kategori “Sangat Baik” oleh dosen ahli materi dengan hasil validasi 5 dengan kategori “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata hasil validasi ahli media dan ahli materi adalah sebesar 4,73 dengan kategori ‘Sangat Baik”. Ujicoba kelompok kecil memperoleh skor 24,3 dengan rata-rata 4,94 dengan kelayakan media “Sangat Baik” dan ujicoba kelompok besar memperoleh skor 54,1 dengan rata-rata 4,91 dengan kelayakan media “Sangat Baik” sehingga layak digunakan pada tahap ujicoba. Ujicoba dilakukan di SDN Sambongpermai dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa dengan hasil skor N-Gain di kelas eksperimen 0,95 atau 95% dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa media Smart Reading Board efektif digunakan untuk membaca permulaaan kelas I SDN Sambongpermai.
Keywords
References
Akbar, R. R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran (Skripsi). UIN Raden Intan Lampung.
Anjarwati, S. (2023). Pengembangan Media Dinding Kata Pohon Keluarga Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Kelas Iii Sdn 28 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023 (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Mataram.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.58230/27454312.2
Harni, Y. (2013). Peningkatan Kemampuan Pengenalan Kata Melalui Kegiatan Bermain Papan Baca di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Cingkariang Kabupaten Agam (Skripsi). Universitas Negeri Padang.
Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, S. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Grobogan: CV. Sarnu Untung.
Kahfi, M. A. H. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Pai Siswa Kelas VIII A Di Smp Plus Sabilurrosyad Sidoarjo (Skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.
Maghfi, U. N., & Suyadi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Media Papan Pintar (Smart Board). Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170.
Misrutin, E. H. (2022a). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri 1 Jatikalen Kabupaten Nganjuk (Skripsi). IAIN Kediri, Kediri.
Misrutin, E. H. (2022b). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri 1 Jatikalen Kabupaten Nganjuk (Skripsi). IAIN Kediri.
Nurfaridah, N. (2021). Pengembangan Media Papan 3 Dimensi (3d ) Untuk Meningkatkakemampuan Mengenal Huruf Dan Membaca Pada Siswa Kelas 1 Sdn Impres Sampungu (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Mataram.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187.
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Putri, R., & Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar (Smart Board) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1181–1189. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2716
Rahmadhani, Z. A. (2021). Penerapan Metode Suku Kata Bola Salju dan Media Pantupin (Papan Pintar dan Kartu Pintar) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 di SDN 1 Tangkilsari dalam Program Kampus Mengajar Perintis Tahun 2020 (Skripsi). Universitas Islam Malang.
Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Kautsar Bandar Lampung (Skripsi). UIN Raden Intan Lampung.
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Saifudin, M. F., Susilaningsih, & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77.
Samura, A. O. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79.
Swandari, N., & Jemani, A. (2019). Strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Dan Review) Berbasis Wacalibem Seri Dalam Upaya Membangun Karakter Gemar Membaca Di MTsN 3 Jombang. Al Ta’dib : Jurnal Ilmu Pendidikan Fakultas Tarbiyah Universitas Hasyim Asy’ari, 8(2), 41–52.
Uzer, Y., Rosmiyati, E., Marleni, M., Uzer, Y. V., Herlina, H., & Noviati, N. (2023). Workshop Pembelajaran Interactive Bahasa Inggris di UPT SMAN 11 Banyuasin 2. Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(1), 103–111.
Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284
Article Metrics
Abstract View : 90 timesPDF Download : 67 times
DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yunta Pau Abdah, Yopa Taufik Saleh, Alfadl Habibie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.