Pengembangan Media Pembelajaran Kakurwan pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V di Kecamatan Tanjungjaya

Resa Nurfarida(1), M Fahmi Nugraha(2), Meiliana Nurfitriani(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran di sekolah kecamatan tanjungjaya ada beberapa kendala yaitu minimnya dalam mengembangkan media pembelajaran dan kendala dalam penyampaian materi IPA khususnya pada materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya sehingga nilai yang diraih oleh siswa masih dibawah KKM yaitu mencapai nilai rata-rata ≤ 40 serta kurangnya pengetahuin IPA dan keterbatasan waktu dalam penyampaian materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran kakurwan untuk meningkatkan pengetahuan IPA dan keefektifan media tersebut. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar di SDN 1 Cigowak dan SDN Cipurut serta ujicoba lapangan utama terdapat di SDN Cideeng. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah RnD ( Research and Development ) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu 10 tahapan. Hasil penelitian uji efektifitas yang dilakukan di SDN Cideeng dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa dengan hasil skor N-Gain di kelas eksperimen 0,80 atau 80% dengan kategori efektif, skor terkecil 0,50 atau 50% serta skor terbesar adalah 1 atau 100%. Hasil skor N-Gain kelas kontrol yaitu sebesar 0,35 atau 35% dengan kategori tidak efektif skor terkecil yaitu 0,12 atau 12% serta skor terbesar 1 atau 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kakurwan efektif digunakan dan dapat meningkatkan pengetahuan IPA siswa kelas 5 SD di kecamatan tanjungjaya.


Keywords


Kakurwan, Pengetahuan IPA, Siswa SD

References


Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 80.

Ardyansyah, Ananta. 2023. “Development and Implementation of Augmented Reality-Based Card Game Learning Media with Environmental Literacy for Improving Students ’ Understanding of Carbon Compounds.” 15(5): 118–26.

Diana Puspa, K. 2017 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 8 Ekosistem Buku Siswa Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Dianasari, Eka Lenggang, Program Studi Pgsd, and Universitas Karimun. 2022. “Pengembangan Media Kartu Kwartet Tema 9 Subtema 1 Dan Subtema 2 Kelas V Sekolah Dasar Swasta.” 3(2).

Drs. Arief Sidharta, M.Pdf. 2015. “Media Pembelajaran.” Journal Academia Accelerating the world’s research 1: 1–29.

Education, Elementary, Rozie Iskandar, Universitas Negeri Padang, and Sumatera Barat. 2020. “Jurnal Basicedu.” 4(4): 1052–65.

Elementary, Jurnal. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.” 5(2): 170–74.

Fadilah, Aisyah, and Nasywa Atha Kanya. 2023. “Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran.” 1(2).

Fatchurahman, M, Harirayanto Adella, and M Andi Setiawan. “Development of Animation Learning Media Based on Local Wisdom to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools.”

Festiawan, Rifqi. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran Abstrak.” : 1–17.

Giwangsa, Sendi Fauzi et al. 2021. “Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar The Development Of Quartet Card Media In Learning Pembelajaran Ips Sekolah Dasar The Development Of Quartet Card Media In Learning.” 8: 40–48.

Guru, Pendidikan et al. “Efektivitas Metode Permainan Kartu Kwartet Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Suryanti Abstrak.”

Hewan, Penggolongan, Dalam Pembelajaran, and I P A Kelas. 2023. “Pengembangan Media.” 08.

Hikmah, Fatatul, and Fathul Niam. 2022. “Pengembangan Kartu Kuartet ( Kartet ) Materi Wujud Benda Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata ( p Ada Siswa Kelas II SDI Ma ’ Arif Tawangsari Garum ).” : 74–88.

Ilma, Lutfiana, Annisa Rohani, and S Pd. 2015. “Journal of English Language Teaching Developing Quartet Card Games ( A Case of the Eighth Grade Students of SMP Islam Al Madina Semarang in the Academic Year of 2014 / 2015 ).” 4(1): 1–7.

Jember, Universitas, Studi Pendidikan Biologi, and Universitas Jember. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa.” 13: 39–46.

Kresnadi, Hery, and Ilmu Pengetahuan Alam. “Penerapan Metode Demonstrasi.”

Kurniawan, Rivo Alfarizi, and Rafiatul Hasanah. 2022. “Pengembangan Game Quartet Card Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP/MTs.” Bioeduca : Journal of Biology Education 4(2): 30–42.

Latifah, Anisa Khoiril, Muhammad Idris, and Mega Prasrihamni. 2023. “Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Gambar 2 Dimensi Untuk Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD Negeri 15 Gunung Megang.” Journal on Education 06(01): 2783–99.

Lubis, Renni Ramadhani, Siti Irene, Astuti Dwiningrum, and Enny Zubaidah. 2023. “Development Powtoon Animation Video in Indonesian Language Learning to Improve Student Learning Outcomes Elementary Schools.” 4(2): 23–25.

Lubis, Renni Ramadhani, Togue Nana, and Dipanda Franklin. 2023. “Development of Digital-Based Smart Card Learning Media to Improve the Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Students.” 15(1): 1–24.

Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan 1(2): 95.

Misbahul, Stit et al. “Pengenalan Klasifikasi , Karakteristik , Dan Fungsi Media Pembelajaran Ma Al-Huda Karang Melati Abstrak.” : 162–75.

Moh. Fahmi Nugraha, D. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (E. F. F Khomaeny (ed)). Edu Publiher.

Nisa Awaliyah, Mohammad Fahmi Nugraha, and Budi Hendrawan. 2021. “Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Tema 7 Subtema 2 Di Indonesia.” Cendekiawan 3(2): 124–33.

Nurfatimah, Siti Aisyah, Syofiyah Hasna, and Deti Rostika. 2022. “Jurnal Basicedu.” 6(4): 6145–54.

Saputri, Yunita et al. 2022. “Pengembangan Media Kartu Kuartet Bagian Tubuh Manusia ‘ BATU ’ Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar.” 4(2): 315–24.

Siswa, Pemahaman, Pada Mata, Pelajaran Ips, and Kelas Iv. “Efektivitas Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv.” : 119–26.

Sugiyono, prof .D 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (M. T . Sutopo (ed)). ALFABETA, cv.

Sugiyono, P.D 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.

Sugiyono, P.D 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi,R&D dan Penelitian Pendidikan. ALFABETA, cv

Sumarsono, Meinaldo Badrian, dan Mulyani. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Kartu ‘ Kuartet Kingdom ’ Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu , Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar.” Universitas Negeri Surabaya 08(03): 487–96.

Uswatun, Siti, Oktaffi Arinna Manasikana, and Fajrul Falah. 2023. “Development Of Quartet Card Learning Media On Solar System Material Pengembangan Media Pembelajaran Quartet Card Pada Materi Sistem Tata Surya.” 2(1): 24–33.

Wahyuni, Dwi, Fitrah Insani, Putri Purnama Sari, and Putri Zahra. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Pada Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Berbasis Multimedia Interaktif.” 7: 1891–97.

Walidiati, Miftahul, Muhammad Tahir, and Aisa Nikmah Rahmatih. 2023. “Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA.” 5(4).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 68 times
PDF Download : 27 times

DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Resa Nurfarida, M Fahmi Nugraha, Meiliana Nurfitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.