Analisis Penerapan PSAK Nomor 72 Terhadap Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan pada PT Pegadaian (PERSERO) Cabang Sweta

Rosliana Aledia Maryam(1), Eni Indriani(2), Nungki Kartikasari(3),


(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Mataram
(3) Universitas Mataram
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengakuan dan pengukuran pendapatan pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Sweta dengan menerapkan PSAK No 72 tentang pendapatan dari kontrak dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengakuan pendapatan pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Sweta diakui pada saat kewajiban pelaksanaan terpenuhi sesuai analisis transaksi melalui lima langkah model analisa pengakuan pendapatan. Kemudian PT Pegadaian (Persero) Cabang Sweta mengukur pendapatannya atas sejumlah harga transaksi yang dialokasikan terhadap kewajiban pelaksanaan. Proses pengakuan dan pengukuran pendapatan yang dilakukan oleh PT Pegadaian (Persero) Cabang Sweta pada kegiatan operasionalnya telah menunjukkan penerapan PSAK No 72 tentang pendapatan dari kontrak dengan pelanggan.


Keywords


PSAK Nomor 72, Pengakuan, Pengukuran, Pendapatan

References


Bagraff, H. A. (2018). Analisis Pengakuan Dan Pengukuran Pendapatan Menurut PSAK No 23 Pada Perusahaan Teknologi Dan Informasi. Jurnal Bisnis Dan Teknologi Politeknik Surabaya.

Dewi, L. P. K. (2018). Analisis Pendapatan Berdasarkan PSAK No. 23 Pada PDAM Tirta Wampu Stabat.

Fauzi, A. (2018). Perhitungan PSAK 23 (Pendapatan Operasional, Non Operasional) Dan Pelaporan Keuangan Perusahaan Pada PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Cakrawala Management Business Journal.

Ham, F. C., Karamoy, H., & Alexander, S. (2018). Analisis Pengakuan Pendapatan Dan Beban Pada PT Bank Perkreditan Rakyat Prisma Dana Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2023). Ikatan Akuntan Indonesia: Sejarah Perkembangan.

Kalesaran, P. V. (2013). Analisis Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Millenia Berdasarkan PSAK No. 23. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1630.

Martani, D. (2020). Pendapatan Dari Kontrak Dengan Pelanggan-PSAK 72.

Miles, M. B., & Huberman, M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.

Muslimin, M., & Hartati, S. (2021). Analisis Pengakuan Dan Pengukuran Pendapatan Berdasarkan PSAK Nomor 23 Pada PT Indo Pusaka Berau. ACCOUNTIA JOURNAL (Accounting Trusted, Inspiring, Authentic Journal), 5(01), 76–86.

Nurfatimah, A. E. (2015). Analisis Sistem Penjualan Angsuran Logam Mulia dan Pengaruhnya Terhadap Laba Pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Mariso Makassar.

PSAK No 72. (2016). Exposure Draft Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No 72:Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan. Jakarta:IAI.

Puspamurti, H., & Firmansyah, A. (2020). Penerapan PSAK 72 terkait Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Indonesian Journal Of Accounting and Governance, 4(2), 73–

Rahmadani, R. (2021). Analisis Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan Berdasarkan PSAK No 23 Pada PT Fauzi Haya Tour and Travel Medan.

Saretta, I. R. (2019). Pentingnya Memahami PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) -

Siddik, A. S. A., Morasa, J., Weku, P., Sukma, A., Siddik, A., Morasa, J., Weku, P., Akuntansi, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2021). Analysis Of Recognition And Measurement Of Income Based On PSAK NO.72 At Swiss Bellhotel Maleosan Manado. 9(3), 999–1007.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-23). Alfabeta.

Yana, S. B. (2021). Pengaruh Peraturan Pajak, Sosialisasi Pajak, Tarif Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Dengan Transaksi E-Commerce di Shopee Pada Distributor Masker Jakarta Timur.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 113 times
PDF Download : 58 times

DOI: 10.57235/jamparing.v2i1.1276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rosliana Aledia Maryam, Eni Indriani, Nungki Kartikasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.