Peran Dinas Pendidikan Kabupaten Buru Dalam Mengontrol Kinerja Guru Sertifikasi Dikaji Dari Permendikbud Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan

Krismon E. Tasidjawa(1), Fricean Tutuarima(2), Agustinus Soumokil(3),


(1) Universitas Pattimura
(2) Universitas Pattimura
(3) Universitas Pattimura
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji peran dinas pendidikan kabupaten buru dalam mengontrol kinerja guru sertifikasi dikaji dari permendikbud nomor 5 tahun 2012 tentang sertifikasi guru dalam jabatan. Sertifikasi pendidik diperoleh melalui program pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi.Program sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah untuk mengidentifikasikan guru-guru  berkualitas.guru yang memperoleh tunjangan profesi dikatagorikan sebagai  guru professional. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini tergolong pada penelitian yang bersifat kualitatif. Subjek dalam peneliatian ini adalah kepala dinas Pendidikan, staf atau bagian pelayanan, pegawai Pendidikan dan guru. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa upaya dinas pendidikan kabupaten buru dalam mengontrol kinerja guru bersertifikasi yaitu Upaya yang dilakukan oleh dinas Pendidikan Kabupaten Buru dengan mengadakan kegiatan yang dilakukan oleh dalam mengontrol kinerja guru bersertifikasi yaitu melalui kegiatan-kegiatan worshop, pelatihan, seminar dan adanya bentuk pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Buru. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru bersertifikasi menjadi menurun yaitu permasalahan yang terjadi di sekolah sehingga memperlambat terjadinya pertumbuhan kinerja guru dapat dilihat dari masalah internal guru disekolah namun masalah eksternal seperti sarana dan prasarana pendukung pembelajaran di sekolah namun letak geografis yang menjadi masalah dan dapat memperhambat kinerja guru di sekolah. Sanksi dari dinas pendidikan dalam menangani guru-guru bersertifikasi yang kinerjanya tidak memenuhi syrat dan ketentuan gruru professional  bahwa guru sertifikasi mempunyai kinerja kerja yang buruk maka akan diberikan sanksi misalnya tidak melaksanakan tugas dengan baik maka guru tersebut akan dikenahkan sanksi baik dari sekolah maupun dari dinas. Sanksi yang diberikan tetpa mengacu pada peraturan pemerintah sehingga terdapat tiga jenis sanksi yaitu sanksi ringan, sanksi sedang dan sanksi berat berupa pemecatan.


Keywords


Peran, Kinerja Guru, Sertifikasi

References


Berry David. 2003. Pokok-Pokok Pikiran Dalam Sosiologi. Jakarta. PT Raja

Fauziah, L., Nurmalisa, Y., & Siswanto, E. (2024). Efektivitas Kegiatan Sekolah Jumpa Berkah (Jumat Pagi Bersih, Taqwa, dan Sedekah) Terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(1), 13–21.

Febriwinata Yosi. (2020). Peran Dinas Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Guru.

Gibson, Ivancevich dan Donelly. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Binarupa Aksara, Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kasus, S., Sumalata, N., & Gorontalo, K. (2022). Kinerja Guru dan Problematikanya. 5(2), 25–44.

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita. Intelektualita, 3(1), 15–25.

Lestari, S., Nurmalisa, Y., & Mentari, A. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Minat Baca Terhadap Motivasi Belajar Generasi Z. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(1), 22–30.

Mutiaroh. (2011). Upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Patti Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi.

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung 1987, hal. 15

Poerwadarminta W.J.S. 1998. Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka

Riyanti, Nurmalisa, Y., & Rohman. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Kepribadian Peserta Didik. JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and Technology, 1(1), 36–41. http://kaluargi.blogspot.com/2012/05/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html

Salminati, I., & Pringgowijoyo, Y. (2024). Analisis Budaya Paca Dalam Perkawinan Adat di Desa Golo Kondeng. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(1), 19–22.

Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Press. Jakarta. 2002.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 87 times
PDF Download : 47 times

DOI: 10.57235/jamparing.v2i1.1847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Krismon E. Tasidjawa, Fricean Tutuarima, Agustinus Soumokil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.