Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Maskapai Full Service di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok

Fatihatun Rahmaniar(1), Desiana Rachmawati(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Keputusan pembelian menggunakan maskapai full service Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok memicu perubahan yang sangat radikal di lingkungan pemasar. Situasi dan kondisi inilah yang akan mendorong timbulnya perilaku baru dari konsumen yang tercermin pada kebutuhan dan keinginannya. Keberadaan orientasi pelanggan yang harus diutamakan, membuat peneliti tertarik meneliti bagaimana pengaruh pendidikan, pekerjaan, pendapatan secara parsial yang dijelaskan lewat fenomena latar belakang, terdapat waktu, tempat penelitian yang diteliti, indikator yang digunakan, tujuan, hasil penelitian yang berisi tentang variabel Pendidikan (X1), Pekerjaan (X2) dan Pendapatan (X3) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) yang saling terikat terhadap keputusan pembelian pengguna layanan maskapai full service di Bandar Udara Internasional Lombok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian yang dilakukan dengan menganalisis data menggunakan pendekatan kuantitatif/statistik, dan mengevaluasi hipotesis. Peneliti mengambil sampel yang dibagikan berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, pekerjaan, pendapatan, dan durasi penggunaan Maskapai Full Service sebanyak komposisi pernyataan terdiri dari 1 opsi Pendidikan (X1), 1 opsi Pekerjaan (X2), 1 opsi Pendapatan (X3), dan 13 pernyataan dari indikator Keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Berdasarkan hasil Uji t (Parsial) variabel pendidikan, pekerjaan dan pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian menggunakan maskapai full service di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok. Nilai probabilitas keseluruhan variabel X ini lebih besar dari α= 0,05. Dengan demikian, sesuai dengan ketentuan dalam kriteria pengujian, jika nilai probabilitas <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan tidak berpengaruh terhadap probabilitas. Berdasarkan hasil Uji F (Simultan) variabel independent berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian menggunakan maskapai full service di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok. Nilai probabilitas keseluruhan variabel X yakni < 0,05. Dengan demikian, maka sesuai dengan ketentuan dalam kriteria pengujian, jika nilai probabilitas lebih kecil dari α= 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan secara bersama-sama berpengaruh terhadap probabilitas. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh dari nilai Adjusted R Square 0,107 atau 10,7% dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa variable pendidikan, pekerjaan dan pendapatan berpengaruh terhadap Keputusan pembelian menggunakan maskapai full service sebesar 10,7%. Sedangkan sisanya (100%-10,7% = 89,3%) yang dipengaruhi oleh variable lain diluar persamaan regresi ini atau variable yang tidak diteliti.


Keywords


Full Service, Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, dan Keputusan Pembelian

References


Andi, Mappiare. 2020. Buku Psikologi Remaja, Surabay: Usaha Nasional. ______Psikologi Remaja. Bandung: Usaha Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Budiantarini, N. N. S., & Rustariyuni, S. D. (2013). Pengaruh Faktor Sosial Demografi Terhadap Curahan Jam Kerja Pekerja Perempuan Pada Keluarga Miskin di Desa Pemecutan Kaja Kecematan Denpasar Utara. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 2(11), 539-546.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidika Nasional.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS”. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariet Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbid Universitas Diponegoro.

Harli, F. C, Linawati, N, & Memarista, G. (2015). Pengaruh Financial Literacy dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Konsumtif. Finesta, 3(1), 58-62. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Zainuddin_Abdul_Madjid Diakses pada tanggal 13 September 2023 09:36 wita.

Indarto.(2011). Preferensi Konsumen dan Faktor Pengaruh Terhadap Konsumen.Jakarta: Erlangga.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus Versi Online/Daring (Dalam Jaringan). Di akses pada Tanggal 19 September. 2023. https://kbbi.web.id/didik

Kotler, Philip. (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management, 11th Edition. Prentice Hall.Inc.New Jersey.

Kotler, Philip., dan Armstrong, Gary. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edidi Kedelapan Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip: Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Nazir. 2010. Analisi Determinan Pendapatan Pedagang kaki Lima di Kabupaten Aceh Utara. (Tesis tidak diterbitkan).USU, Sumatera utara, Indonesia.

Nurlela, S., & Fryda Fatmayati (2022). Pengaruh Harga Tiket Dan Kualitas Pelayanan Cabin Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa Maskapai Garuda Indonesia Di Bandar Udara Adi Soemarmo. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(2), 146-151.

Ratnagra, J. P., & Soewito, B. M. (2014). Perancangan Panduan Wisata Kuliner Pulau Lombok. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 15.

Samuelson, 2001. Ilmu Mikroekonomi.Jakarta PT. Media Edukasi.

Siswoyo, Dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sochib. 2018. Buku Pengantar Akuntansi 1 (pertama). Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, T. (2016). Makna Kerja Bagi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Fenomenologi di PAUD ‘Aisyiyah Bustanul Athfal di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Sukirno. 2008. Pengaruh Konsumsi, Investasi Tabungan, Pengeluaran pemerintah, Tenaga Kerja dan Pasar Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Padang. Sumatera Barat. Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Wiharyo, S. & Budiarti A. 2017. Kepuasan Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Penumpang Citilink. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Yuditia, M. (2018). Pengertian Kualitas Hidup Dan Sosiodemografi. Uin suska, 53(9), 1689-1699.

Zulriski, H. 2008. Analisis Pendapatan Pedagang Sayu Keliling di Kelurahan Tegallega Kota Bogor. Bogor: IPB


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 24 times
PDF Download : 11 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatihatun Rahmaniar, Desiana Rachmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.