Peran Aviation Security (AVSEC) Terhadap Pengawasan dan Penanganan Prohibited Item di Security Check Point (SCP II) Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang

Dinda Septia Permata Putri(1), Rosiana Ulfa(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Unit Aviation Security memiliki tujuan untuk mencegah terangkutnya benda atau barang terlarang kedalam pesawat udara yang dapat berpotensi menimbulkan tindakan yang dapat mengancam keselamatan penerbangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran unit aviation security terhadap pengawasan dan penanganan prohibited item di SCP II Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, untuk mengetahui kendala serta solusi yang ada terkait tindakan pelanggaran mengenai benda terlarang atau prohibited item dan untuk mengetahui bagaimana pemahaman penumpang terkait aturan tersebut didalam penerbangan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara yang di lakukan kepada 3 personel aviation security dan 6 orang penumpang serta dokumentasi. Penelitian ini berlangsung selama 1 bulan bertempat di SCP II Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran aviation security sangat memberikan kontribusi besar dalam pengawasan dan penanganan ketat terkait prohibited item, namun pada saat melaksanakan tugas ditemukan kendala seperti salah satu alat fasilitas penunjang keamanan yang di gunakan dalam proses pemeriksaan barang bawaan hal ini mesin x-ray yang digunakan masih single view serta adanya penolakan atau perbedaan pendapat terkait pelanggaran yang dilakukan penumpang apabila dilakukannya penyitaan terhadap benda prohibited item dan hasil terakhir dalam penelitian ini masih terdapat sebagian penumpang yang kurang paham tentang aturan-aturan tersebut sehingga dampaknya dapat menimbulkan antrian penumpang di Security Check Point (SCP II).


Keywords


Aviation Security, Prohibited Item dan Security Check Point II

References


Angkasa Pura 2 Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah

Asri. (2022). Analisis Pengawasan Aviation Security Dalam Mendeteksi Bahan Peledak Di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Skripsi.

Detik News. 4 Fakta Viral Penumpang Merokok Di Pesawat Dan Aturannya

Dewi. (2019). Tujuan Pengawasan Portal uqb

Dianisekaring.com. (2020). Ketahui Barang Terlarang Dalam Penerbangan

Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. Skep /40/II/1995 Petunjuk Pelaksanaan Keputusan Menteri Perhubungan No : 14 tahun 1989 Tentang Penertiban Penumpang, Barang, Dan Kargo Yang Diangkut Pesawat Udara Sipil

Direktur Jenderal Sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor PM 137 Tahun 2015 Personil Aviation Security Wajib Memiliki Lisensi Atau Surat Tanda Kecakapan Tugas (SKTP).

ICAO Annex 17 Aviation Security.

Instagram Airport Security Pelaksanaan Kegiatan Komite Keamanan Bandar Udara Serta Pemusnahan Barang Dilarang (Prohibited Item)

Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 211 Tahun 2020 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

Lugistiawan, Ega. (2021). Peran Aviation Security Dalam Mendeteksi Dangerous Goods Pada Penumpang Demi Keamanan Dan Keselamatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Bandar Udara Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang Jawa Timur. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Skripsi.

Maulana Muhamad, Nabil. (2019). Peran Aviation Security Dalam Mendeteksi Dangerous Goods Atau Tindakan Melawan Hukum Pada Penumpang Demi Keselamatan Dan Keamanan Penerbangan Di Bandar Udara Abdul Rachman Saleh Malang. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Skripsi.

Mbete Oselina Lucia, K. (2022). Peran Aviation Security Terhadap Penanganan Dan Pengawasan Dangerous Goods Di Security Check Point 1 Dan 2 Bandar Udara Haji Hasan Aroeboesan Ende. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Skripsi.

Mutakkwakil, S.M. (2020). Teori, Konsep, Struktur Dan Jenis-Jenis Peranan

Nomor 43 Undang-Undang Tentang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 Badan Usaha Bandar Udara

Nomor 47 Dalam Undang-Undang Tentang Penerbangan Nomor 1 tahun 2009 Tentang Aerodrome.

Nursabil, Adia. (2019). Prosedur Pemeriksaan Pengguna Jasa Oleh Unit Aviation Security Di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Tugas Akhir.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SKEP/2765/XII/2010.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP 2765 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara dan Barang Bawaan.

Peraturan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor: 21 PM 127 Tahun 2015 Tentang Program Keamanan Nasional Bab II Nomor 23 bahwa, Barang Dilarang (Prohibited Items).

Peraturan Menteri 127 Tahun 2015 Prohibited Items Digolongkan Menjadi 4 Yaitu Alat Peledak (Explosive Device), Alat Berbahaya (Dangerous Article), Barang Berbahaya (Dangerous Goods) Dan Senjata (Weapons).

Peraturan Menteri Bab II Dalam Ketentuan Umum Nomor 11 Tentang Pengendalian Keamanan (Security Control).

Peraturan Menteri Bab II Dalam Ketentuan Umum Nomor 12 Tentang Pemeriksaan Keamanan (Security Screening).

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 127 Tahun 2015 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 80 Tahun 2017 Program Keamanan Penerbangan Nasional.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 28 Tahun 2021 Tentang Program Pendidikan Dan Pelatihan Keamanan Penerbangan Nasional.

Peraturan Menteri PM 185 Tahun 2015 Ketentuan Bagasi Kabin.

Peraturan Perundang-Undangan Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009.

Perdana, Arie. (2021). Peran Aviation Security Dalam Pencegahan Kejahatan Di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekan Baru. Universitas Islam Riau. Repositori Islam Riau.

Putri Devi, Ariyani. (2022). Peran Unit Aviation Security Terhadap Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo NTT. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Skripsi.

Rahayu. (2019). Pengertian Peran. Emprints umpo

Rifqon Akmala, Alwi. (2020). Peran Pelyanan Unit Aviation Security Terhadap Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Kalimarau. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Skripsi.

Saputra Ervanda, Lois. (2021). Peran Petugas Aviation Security Dalam Pemeriksaan Penumpang Dan Bagasi Di Security Check Point 1 Pada Era New Normal Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Skripsi.

Standard Operating Procedure (SOP) Airport Security Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Surat Keputusan 2765/XXII/2010 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan.

Syafiie Inu, K. (2019). Pengertian Pengawasan. Repository um Palembang

Undang-Undang Penerbangan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan, Bab 1 butir 49 Keamanan Penerbangan.

Undang-Undang Tentang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 Bab 1 Pasal 1 Nomor 33 Bandar Udara.

Undang-Undang Tentang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 Bab 1 Pasal 1 Nomor 31 Kebandarudaraan.

Undang-Undang Tentang Penerbangan Nomor 1 tahun 2009 Jenis Angkutan Udara.

Undang-Undang Tentang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 Nomor 40 Tentang Pangkalan Udara.

Yudhistira Ghamas, Naufal. (2022). Implementasi Prosedur Penanganan Penumpang Dengan Barang Dilarang Oleh Petugas Aviation Security Di UPBU Tebelian Sintang Implementation Of Procedures For Haandling Passenger With Prohibited Items By Aviation Security Officer At UPBU Tebelian Sintang. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Skripsi.

Yudhistira, Ghamas Naufal. (2022). Implementasi Prosedur Penanganan Penumpang Dengan Barang Dilarang Oleh Petugas Aviation Security Di UPBU Tebelian Sintang. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 2 September.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 31 times
PDF Download : 12 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dinda Septia Permata Putri, Rosiana Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.