Pengaruh Pelayanan Check-In Counter dan AVSEC Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya

Nur Indah Afriani(1), Andi Syaputra(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpanng terhadap layanan operasional di bandara. Dalam Upaya meningkatkan pengalaman penumpang, pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan penumpang menjadi penting. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari penumpang yang telah menggunakan layanan di bandara selama periode tertentu. Metode survei melibatkan penggunaan kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur presepsi dan kepuasan pelanggan terkait dengan berbagai aspek pelayanan operasional bandara, termasuk kecepatan proses check-in, keamanan, fasilitas terminal, pelayanan penanganan bagasi, dan komunikasi informasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasikan tren dan pola tingkat kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan tentang area layanan yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan penumpang dan membangun manajemen bandara untuk mengambil Tindakan yang tepat guna meningkatkan kualitas layanan operasional. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemahaman lebih lanjut tentang pengelolaan bandara dan kepentingan peningkatan pengalaman penumpanng dalam perjalanan udara. Studi ini memberikan wawasan yang berharga bagi industri penerbangan dalam Upaya mereka untuk meningkatkan pelayanan operasional bandara dan memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan pengalaman para konsumen di bandara. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi landasan untuk studi lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan di sektor penerbangan, yang dapat membantu meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan.


Keywords


Pelayanan Check-In Counter, AVSEC, Kepuasan Penumpang

References


Airport, I. (2021). Pengertian Bandar Udara – Airport. Diakses pada 13, Oktober 2023, dari https://bandara.id

Airports, A. P. (2019). Profil Bandara. Diakses pada 13. Oktober 2023, https://seleksiyia.ap1.co.id

Fery, S. & Hari M. (2018). Pengaruh kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Diakses dari Jurnal Pustakawan Indonesia, Vol. 18 No. 1 pada tanggal 15 November 2023, pukul 11.15 WIB.

Ghozali. I (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23 (8 ed). Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Heni R. & Nisa M. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Diakses dari Jurnal Ecodemica, Vol.2 No. 2 pada tanggal 1 5 November Pukul 11.30 WIB.

Hidayat, A. (2012). Penjelasan Berbagai Jenis Validitas dan Cara Menghitung. Statistikian. Diakses dari https://www.statistikian.com pada tanggal 01 November 2023, pukul 17.15 WIB.

Internasional Ahmad Yani Semarang. Diakses dari Jurnal Publikasi Ilmu Ekonomi dan Akuntansi pada tanggal 15 November 2023, pukul 10.00 WIB.

Muchlisin, O.R. (2017). Pengertian, Karakteristik, Pengujian dan Reliabilitas. Kajian Pustaka. Diakses dari http://www.kajianpustaka.compadatanggal 1 November 2023, pukul 14.00 WIB.

Muhammad, A. (2010). Penjelasan Teori Pelayanan Operasional Bandar Udara. Diakses dari https://media.neliti.com pada tanggal 05 November 2023, pada pukul 10,00 WIB.

Muhammad, D. A & Yuniar, I. (2023). Analisis Check-In Counter terhadap Kepuasan Penumpang Pada Maskapai Lion Air Di Bandara Udara

Sekar¸Ulum., dan Bougie,R., 2013. Research Methods for Business: A Skill Building Approach. London: John Wiley and Sons, ine.1, pada tanggal 21 Januari 2024

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Supangat, A. (2006). Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Penerbit Pustaka.

Ulum, Bahrul. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) Terhadap Citra Perusahaan (Survei pada warga Sekitar PT. Sasa Inti Gending Probolinggo). Skripsi: Universitas Brawijaya Malang.

Wahyuni, N. (2014). Uji Validitas dan Reliabilitas. Binus University. Quality Management Center. Diakses dari https://qmc.binus.ac.id pada tanggal 2 November 2023, pukul 15.00 WIB.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 28 times
PDF Download : 8 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Indah Afriani, Andi Syaputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.