Pengaruh Fasilitas dan Kenyamanan Ruang Tunggu Keberangkatan Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Alif Nur Nugroho(1), Nanik Riananditasari(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Setiap bandar udara memiliki fasilitas ruang tunggu yang mana merupakan salah satu ruangan yang selalu dikunjungi penumpang sebelum memasuki pesawat. Dalam hal ini fasilitas ruang tunggu nantinya akan mempengaruhi kepuasan penumpang. Sama halnya di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, penumpang akan merasa puas jika fasilitas yang ada memadai dan penumpang puas jika merasa nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kenyamanan ruang tunggu keberangkatan terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas dan kenyamanan ruang tunggu keberangkatan terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Dalam penelitian didesain menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 655.600 dengan sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas dan multikolinearitas), uji regresi (uji regresi linear berganda), dan uji hipotesis (uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengaruh fasilitas ruang tunggu memiliki pengaruh terhadap kepuasan penumpang. Kenyamanan ruang tunggu juga memiliki pengaruh terhadap kepuasan penumpang. Sehingga dapat dikatakan bahwa fasilitas ruang tunggu dan kenyamanan ruang tunggu berpengaruh secara bersamaan dan signifikan terhadap kepuasan penumpang. Hal ini ditunjukkan adanya pengaruh variabel fasilitas ruang tunggu dan kenyamanan ruang tunggu terhadap kepuasan penumpang sebesar 48,6% dan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Fasilitas, Ruang Tunggu Keberangkatan, Kenyamanan, Kepuasan Penumpang

References


Andiani, B. T. 2019. Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terminal Keberangkatan Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Tebelian Sintang Kalimantan Barat. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Ardiansyah, I. 2022. Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Keberangkatan Pada Masa Pandemi Covid – 19 Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Kalimarau Berau. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. Penerbit Universitas Diponegoro.

Imaniati, Z. 2016. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Penerapan PP No. 46 Tahun 2023, Pemahaman Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Keliat, dkk. 2015. Nanda International Diagnosis Keperawatan Definisi dan Klasifikasi 2015-2017 Edisi 10. Jakarta. EGC.

Korina, P. B. 2017. Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Domestik Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Maskapai Garuda Indonesia. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Kriyantono, R. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Prenadamedia Group.

Morissan, M. 2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta. Kencana.

Muvi, A. D. 2018. Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, Skripsi, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Riduwan. 2014. Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sanusi, A. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta.

Sinambela, L.P. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif-Teori Dan Praktik. Depok. Rajawali Pers.

Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Sunyoto, D. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung. PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Supomo, B., dan Indriantoro, N. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta. BPFE.

Tjiptono, F. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Utami, S. S. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Mempergunakan Jasa Transportasi PT. Solo Central Taxi di Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol 9 Nomor 1.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 24 times
PDF Download : 8 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alif Nur Nugroho, Nanik Riananditasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.