Pengaruh Promosi Wisata Mandalika Terhadap Minat Penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok

Nunung Haerunisyah(1), Kifni Yudianto(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Promosi Wisata merupakan suatu hal yang dapat membuat ketertarikan minat penumpang atau wisatawan untuk datang berwisata khususnya di daerah mandalika. Penumpang/Wisatawan akan merasa tertarik untuk berkunjung berwisata jika promosi dapat diberikan dengan cara menarik dan sasaran yang tepat. Dalam penelitian ini memiliki tujuan penelitian diantaranya: 1) Untuk mengetahui pengaruh promosi wisata mandalika terhadap minat penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi wisata mandalika terhadap minat penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Pada penelitian ini, peneliti melakukan penyebaran kuisioner secara Online terhadap para penumpang yang menggunakan jasa layanan Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji T, dan koefisien determinasi, yang diolah menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari promosi wisata mandalika terhadap minat penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Dibuktikan dengan hasil: 1) Uji T hitung sebesar 5,740 dengan nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh Promosi Wisata Mandalika Terhadap Minat Penumpang. 2) persentase yang didapatkan dari Promosi Wisata Mandalika terhadap Minat Penumpang sebesar 55,9% sedangkan 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.


Keywords


Promosi Wisata Mandalika, Minat Penumpang, Bandar Udara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

References


Alfan, Muhammad & Nuraeni, Heny Gutini. 2013. Studi Budaya di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Amsah, Zainal. 2012. Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ardi, M. R. A. 2022. Pengaruh Promosi Maskapai Citilink Terhadap Minat Beli Penumpang Di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 6.

Erningpraja, Edelwistin. 2023. Pengaruh Lokasi Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit Terhadap Keputusan Mengunjungi Lombok Melalui Bandara Internasional Lombok, NTB. Jurnal Multidisiplin Indonesia Vol. 2.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Multivariat dengan Program IBM SPSS. Ed.7. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. 2018. Manajemen Pemasaran (Edisi pertama, Cetakan keempat). Yogyakarta: BPFE.

Haqiqi, Irfan Maulana. 2023. Pengaruh Tingkat Keamanan Dan Pelayanan Petugas Avsec Pasca Event MotoGP Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa.

Hidayat, Rahmat. 2023. Pengaruh penerapan bagasi berbayar di maskapai wing Air terhadap minat penumpang Di Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman Nusa Tenggara Timur. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi Vol. 3.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Lupoyadi. R. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Marhendi, M. 2021. Pengaruh Promosi Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Wisatawan Di Kabupaten Semarang. Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu Vol. 1, 166-172.

Martono, H. K. 2017. Hukum Udara Nasional dan Internasional Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Prayoga, Rangga Restu. 2018. Perkembangan Pariwisata Dalam Perspektif Pemasaran. PT Lontar Digital Asia: Bitread Publishing.

Priyatno, Duwi. 2015. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Pustakajc. 2022. Profil Bandara Internasional Lombok. https://www.pustakajc.co/travel/view/3100/profil-bandara-internasional-lombok. Diakses pada 20 November 2023.

Raden, Alvianus Putra. 2023. Analisis Penerapan Bagasi Berbayar Terhadap Minat Penumpang Maskapai Lion Air Di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi Vol. 3.

Rantetadung, M. 2015. Analisis Pengaruh Dukungan Pemerintah Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Nabire. Jurnal Agroforesti Fakultas Pertanian Vol.7,No 1.

Sari, Anis Novita. 2022. Pengaruh Bagasi Berbayar Dan Kenaikan Harga Tiket Pesawat Terhadap Minat Penumpang Maskapai Lion Air Di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Jurnal Education Dan Counseling.

Satrio, M. A. 2021. Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika Melalui Kerangka Branding ‘Wonderful Indonesia’. Indonesian Perspective, 6(1).

Slameto. 2016. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tantra, Tarandhika. 2022. Analisis Niat Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Kawasan Kuta Mandalika Lombok. Jurnal Ekuitas Vol. 3.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penereapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Undang - Undang Nomor 10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 28 times
PDF Download : 12 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nunung Haerunisyah, Kifni Yudianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.