Hubungan Patron-Klien Tokke Eme Dengan Pangula Eme Dalam Praktik Garar Panen di Desa Nagatimbul Kecamatan Bonatua Lunasi

Esra Zein Elisya Sirait(1), Payerli Pasaribu(2),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab pangula eme meminjam modal bertani dengan praktik garar panen kepada tokke eme, untuk mendeskripsikan dinamika hubungan patron klien antara tokke eme dan pangula eme, dan untuk mendeskripsikan dampak dari pelaksanaan praktik garar panen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab pangula eme meminjam modal bertani dengan praktik garar panen kepada tokke eme karena kekurangan modal, tidak memiliki jaminan, tidak memiliki persyaratan, tanpa proses administrasi, dan dilaksanakan setiap tahun. Hubungan antara tokke eme dan pangula eme dipengaruhi oleh hubungan sosial antara kedua belah pihak sehingga menciptakan tanggung jawab bagi keduanya. Dampak pelaksanan garar panen bagi tokke eme yaitu memperoleh keuntungan secara ekonomi namun dapat mengalami kerugian bila pangula eme tidak membayar pinjaman garar panen sedangkan bagi pangula eme terbantu memenuhi modal bertani dan kebutuhan hidupnya namun tidak dapat meningkatkan taraf hidup.


Keywords


Hubungan Patron Klien, Tokke Eme, Pangula Eme, Garar Panen

References


Hidayati, T. (2022). Nyai Madura Modal dan Patronase Perempuan Madura. Yogyakarta.

Julio, R. A., & Abdoellah, O. S. (2022). Strategi Adaptasi Ekonomi Petani Penggarap Terhadap DampakPembangunan Jalan Tol. Indonesian Journal Of Anthropology, 7(2).

Megasari, L. A. (2019). Ketergantungan Petani Terhadap Tengkulak Sebagai Patron Dalam Kegiatan Proses Produksi Pertanian. Ketergantungan Petani Terhadap Tengkulak Sebagai Patron Dalam Kegiatan Proses Produksi Pertanian.

Moleong , L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Scott, J. C. (1976). Moral Ekonomi Petani.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 29 times
PDF Download : 10 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Esra Zein Elisya Sirait, Payerli Pasaribu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.