Peran Dinas Perhubungan Dalam Pelayanan Angkutan Kota Trans Metro di Kota Pekanbaru

Kerstin Angelina Damanik(1), Hafzana Bedasari(2),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Peran merupakan kumpulan tugas, tanggung jawab, dan harapan yang terkait dengan posisi atau jabatan tertentu di dalam organisasi. Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru menyediakan angkutan umum yaitu bus Trans Metro Pekanbaru yang bertujuan untuk memberikan pelayanan transportasi kepada masyarakat. Adapun permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu masih terdapat bus TMP yang mogok saat sedang beroperasi dan kondisi pintu bus yang rusak, terdapat fasilitas halte yang sudah tidak layak dan rusak pada bagian tempat duduk dan plafon serta AC yang tidak berfungsi di dalam bus, menurunnya minat masyarakat menggunakan TMP dikarenakan pemberlakuan sistem pembayaran non tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Perhubungan dalam pelayanan angkutan kota Trans Metro di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teori peran menurut Jim Ife dan Frank Tesoriero dalam Khairunnisa (2023) dengan 4 indikator, yaitu: Peran Fasilitatif, Peran Edukasi, Peran Representasional, Peran Teknis. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memaparkan tentang peran Dinas Perhubungan dalam pelayanan angkutan kota Trans Metro di Kota Pekanbaru dapat dikatakan cukup baik namun terdapat beberapa kendala seperti anggaran yang terbatas dan rute bus TMP yang belum menjangkau wilayah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Keywords


Peran, Dinas Perhubungan, Trans Metro Pekanbaru

References


Andi, Prastowo. 2010. Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Diva Press.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Horton, P. B., & Horton, R. L. 1982. Introductory Sociology. USA: Dow Jones- Irwin.

Ife, Jim & Frank Tesoriero. 2016. Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi: Comunity Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Sarwono, S. W. 2015. Teori-Teori Psikologi Sosial (Cet.18). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suhardono, Edy. 1994. Teori Peran (Konsep, Derivasi, dan Implikasinya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Amri, K., Wahidar, T. I., & Fuadi, A. (2022). Peran Pemerintah Dalam Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (Kspn): Kawasan Pesisir Rupat Utara. Prosiding Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (PISIP), 2(1), 307-312. Diakses dari https://fisip.prosiding.unri.ac.id/index.php/pisip/article/view/49

Erlina, R. 2019. Pengelolaan Infrastruktur Bus Trans Metro Pekanbaru Oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. JOM FISIP, Vol. 6 Juni 2019. Diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/24088/23318

Gunawan, A. R., Rachmawati, I., & Meigawati, D. 2019. Peran Dinas Perhubungan Dalam Tata Kelola Angkutan Umum Perkotaan Di Kota Sukabumi. Decision: Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1 No 2, September. http://dx.doi.org/10.23969/decision.v1i2.1748 Diakses dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/decision/article/view/1748/954

Hardiningsih, D. A., & Mashur, D. (2023). Peran Koperasi Unit Desa (KUD) Marga Bhakti dalam Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Bagan Bhakti Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 2(4), 174-181.

Indah, T. M., & Zulkarnaini, Z. (2022). Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pengembangan Potensi Wisata Danau Timbang Bunga Pengantin Di Kabupaten Kuantan Singingi. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 4(1), 59-73.

Iswanti, S. I. S., & Zulkarnaini, Z. (2022). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Objek Wisata Pulau Tilan Di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 92-103.

Purba, J. C., & Zulkarnaini, Z. (2017). Peran Dinas Komunikasi Dan Informatika Dalam Mewujudkan Informasi Yang Beretika Dan Bertanggung Jawab Di Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Riau University).

Semuel, Khalik. A., Hamdan. 2022. Peran Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Mobil Angkutan Umum Di Kabupaten Mamasa. JPCS, Vol. 4 No. 1 Mei 2022. Diakses dari https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruang/article/view/2144/pdf http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2144

Purba, S. P. 2018. Peran Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Bidang Transportasi Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (Akdp) Di Sumatera Utara.

Wardana, Asra. 2021. Analisis Permintaan Jasa Angkutan Umum di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Bus Trans Metro Pekanbaru)

Khairunnisa. 2023. Peran Dinas Sosial Dalam Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus Di Dinas Sosial Kabupaten Bima)

Nainggolan, A.R.S. 2023. Kinerja Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Trans Pekanbaru (UPT PTP) dalam Meningkatkan Layanan Trans Metro Kota Pekanbaru.

Putri, V. Y. 2023. Peran Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dalam Program Pencegahan Stunting.

Nurul, S. S. 2019. Peningkatan Kualitas Pelayanan Di UPTD Pengelolaan Trans Metro Pekanbaru Pada Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Universitas Lancang Kuning.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 32 times
PDF Download : 15 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kerstin Angelina Damanik, Hafzana Bedasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.