Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat pada Bidang Pembuatan Akta Kelahiran di Desa Cijambu Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat

Mia Robiatu Janah(1), Sylva Sagita(2),


(1) Universitas Teknologi Digital Bandung
(2) Universitas Teknologi Digital Bandung
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi dan menganalisis secara mendalam analisis kinerja pegawai dalam pelayanan kepada masyarakat dalam proses pembuatan akte kelahiran di Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan berbagai pihak terkait, termasuk pegawai pemerintah, pemohon akte kelahiran, dan tokoh masyarakat setempat. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami dinamika interaksi antara pegawai dan masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan tersebut. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai dan kepuasan masyarakat dalam proses pembuatan akte kelahiran di Desa Cijambu.


Keywords


Kinerja Pegawai

References


[Bappeda] Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Depok. 2012. Kajian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kota Depok. Depok (ID): Bappeda Kota Depok.

AR Windyani, AVS Hubeis, I Fahmi (2014) Analisis kepuasan masyarakat terhadap pembuatan akta kelahiran di Depok, Jawa Barat https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/618 .12 (1), 32-40, 2014

Gaspersz, V. 1997. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Istianto, B. 2011. Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media.Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Kitcharoen, K. 2004. The Importance-Performance Analysis of Service Quality in Administrative Departments of Private Universities in Thailand. J ABAC 24(3):20–46.

M Rafi (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Program Jemput Bola Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan Akte Kelahiran Di dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor : http://repository.unida.ac.id/3645/

Martilla, J.A., and J.C. James. 1977. Importance-Performance Analysis. J Marketing 41(1):77–79.

Pasolong, H. 2010. Teori Administrasi Publik. Jakarta:Alfabeta.

S.syahniar (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi ,Sarana Prasarana dan perilaku pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat Pemhonon E KTP dan Akte Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bireuen . http://jurnal.uniki.ac.id/index.php/idm/article/view/209 : 2 (3), 1-11, 2021

Sinambela, L.P., dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik :Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Syarifudin. 1999. Analisis Pelayanan Prima Suku Dinas Kependudukan Kotamadya Jakarta Timur [tesis].Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Wrihatnolo, R.R., dan R.N. Dwidjowijoto. 2007. Manajemen Pemberdayaan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Zeithaml, V.A., Parasuraman, A., Berry, L.L. 1990. Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. NewYork: Free Press.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 28 times
PDF Download : 14 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mia Robiatu Janah, Sylva Sagita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.