Analisis Faktor Penghambat Pelaksanaan Senam Irama Anak Usia Dini Pada Taman Kanak Kanak di Kecamatan Doloksanggul

Jessica Valentina Berliana(1), Roni Sinaga(2),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang muncul dilapangan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan senam irama anak usia dini pada taman kanak kanak di Kecamatan Doloksanggul.Penelitian ini mengggunakan metode kuantitatif dengan analisis Exploratori (EFA) dengan melakukan pengeloalan dengan aplikasi. Hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis EFA terdapat 3 faktor penghambat pelaksanaan senam irama pada Taman Kanak-kanak di Kecamatan Doloksanggul sebagai berikut; (1) faktor pertama dinamakan Instruktur yaitu Instruktur kurang dalam menarik perhatian anak serta kurang dalam pemilihan jenis senam yang cocok untuk anak usia dini, sebagai Instruktur kesulitan menarik seluruh perhatian anak untuk tetap mengikuti gerakan senam sampai selesai dan jadwal senam sudah ditentukan dirubah rubah (2) faktor Sarana dan Prasarana dari yang terdiri dari masih ditemukan kesalahan pada speaker pada saat senam, ketersediaan ruang atau lapangan sempit, ketidakmampuan finansial menjadi kendala utama untuk memfasilitasi peralatan senam yang lebih baik dan tidak menyediakan proyektor untuk membantu anak untuk melihat gerakan senam, (3) Faktor Partisipasi anak yang terdiri dari pada saat pelaksanaan senam anak anak tidak kondisi kondusif (berbincang-bincang dengan temannya). Berdasarkan hal ini, faktor penghambat pelaksanaan senam irama pada Taman Kanak-kanak di Kecamatan Doloksanggul memiliki 3 faktor yaitu; Instruktur, Sarana dan Prasarana Senam dan Partisipasi anak.


Keywords


Senam Anak Usia Dini, Faktor Penghambat, Analisis Exploratori

References


Anak Usia Dini, 05(Amira 2021), pp. 32–38.

Desember, N. and Riski, K.M. (2022) ‘Pelaksanaan Kegiatan Senam Dalam Mengembangkan Fisik Anak Di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Kota Padang’, Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal, 3(2), pp. 203–215.

Fatimah, N.U.R. (2021) ‘Implementasi Senam Anak Sholeh Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Di PG Muslimat Buana’, Journal of Early Childhood Education Studies, 1, pp. 88–133.

Sahir (2022) Metodelogi Penelitian. KBM Indonesia.

Sapto. (2018) Bentuk-bentuk dasar gerakan senam. Malang: Wineka Media.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung.

Suharjana (2018) ‘Pengembangan Pembelajaran Senam Melalui Bermain di Sekolah Dasar’, Jurnal pendidikan olahraga, 8, pp. 1–16

Wijaya, T. and Budiman, S. (2022) Analisis Data Multavariat. Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Yus, A. and Agustiara, B. (2023) ‘Implementasi Instrumen Penilaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Santo Thomas 2 Medan’, 3(4), pp. 454–463.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 24 times
PDF Download : 9 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jessica Valentina Berliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.