Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Nilai Nilai Pancasila di Sekolah Dasar

Adena Siregar(1), Annisa Aprilia(2), Michaela Gracia Hutabarat(3), Yulia Lestari Wijaya(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam meningkatkan pemahaman siswa/siswi terhadap nilai-nilai Pancasila di SDN NO 06093, Jl. Turi, Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Desain penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah survey. Sampel yang digunakan oleh penulis adalah seluruh siswa siswi kelas V di SDN NO 060939, Jl. Turi, Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian kuantitatif.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang menjadi sampel penelitian, sebanyak 100% siswa mengetahui contoh pengamalan sila ke-1 dan sila ke-5, 80% siswa mengetahui contoh pengamalan sila ke-2, 90% siswa mengetahui contoh pengamalan sila ke-3, dan 70% siswa mengetahui contoh pengamalan sila ke-4. Pemahaman dan pengimplementasian nilai-nilai Pancasila sejak dini sangat penting untuk membentuk jiwa nasionalisme dan karakter generasi muda Indonesia, menjadikan mereka berintegritas, bertanggung jawab, serta mampu menghadapi pengaruh negatif budaya asing. Kendala dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila pada anak akibat faktor internal seperti sifat bawaan dan temperamen, serta faktor eksternal seperti pengaruh teman, globalisasi, dan media massa. Strategi dan metode pengajaran yang efektif, seperti pendekatan tematik terpadu, pembelajaran berbasis proyek, storytelling, pembelajaran interaktif, dan diskusi, sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar, dengan dukungan dari guru, sekolah, orang tua, dan masyarakat.


Keywords


Guru, Siswa, Nilai Pancasila, Sekolah Dasar

References


Ahmad, F. (2018). Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Jakarta: Gramedia.

Amrah. (2016). Mengulik Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2), 90-97.

Angganing., Paradika., Inky Yuliana. (2019). Penanaman Nilai Nilai Pancasila di Sekolah Dasar oleh Guru Kelas. Jurnal Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Malang.

Cahyono, A. (2017). Metode Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, Dinie Anggraeni., Yulia Nuraeni Pebriani. (2022). Peran Guru dalam Menerapkan Nilai Nilai Pancasila Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan. 6(1).

Kholipah, Siti Ainul., Medika Oga Laksana. (2024). Peran Guru dalam Mengimplementasikan Nilai Nilai Pancasila pada Siswa Kelas 2 SD IT Ibnu Khaldun. Pendidikan Indonesia.

Kusuma, H. (2019). Strategi Pembelajaran Pancasila Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 123-135.

Sari, D. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 18(3), 201-215.

Sulaiman, Syarful Rahmawati., Soedirman. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Nilai Pancasila Pada Peserta Didik di SD Negeri 62 Banda Aceh. Jurnal Research on Elementary Education.

Susilo, S. (2016). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Pancasila: Sebuah Pendekatan Interaktif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 23 times
PDF Download : 14 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adena Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.