Keterampilan Vokasional Home Industry Jamu Kesehatan di Desa Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Ersa Febriola(1), Daeng Ayub(2), Masyitha Ramadhani(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Keterampilan pekerja home industri jamu kesehatan Di Desa Sibuak Kecamatan Tapung Kampar dalam memproduksi jamu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah empat orang sebagai informan kunci, informan dalam penelitian ini berperan sebagai sumber data dan informasi mengenai keterampilan vokasional industri rumah tangga jamu Di Desa Sibuak, Kecamatan Tampan, Kabupaten Kampar. Temuan hasil penelitian ini menunjukan rumah industri ini usaha turun temurun sejak tahun 1987 dan sekarang usaha ini dilanjutkan oleh anaknya. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan prosesnya bervariasi berdasarkan volume bahan yang akan diproses. Keluarga Ibu Yanti menjalankan usaha jamu ini, dan bahan-bahan yang digunakan berasal dari kebun mereka sendiri atau dengan membeli bahan-bahan yang tidak ditanam di kebun. Pembuatan jamu ini biasanya dilakukan tiga kali dalam seminggu. Botol plastik akan digunakan untuk mengemas hasil jamu, tetapi botol yang disediakan pelanggan atau yang telah dibersihkan sebelumnya akan digunakan untuk pesanan pribadi. Jamu dipromosikan dengan cara berkeliling, berjualan di pasar atau untuk pesanan pribadi, dan memanfaatkan media sosial atau pemasaran dari mulut ke mulut.


Keywords


Keterampilan Vokasional, Jamu, Home Industry

References


Astutik, Fajriyah dan Retno Mustika D. 2013. Upaya Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Home Industry Gambir (Krupuk Kertas) di Dusun Dunengendak Desa Tlonjoraja Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. JUPE Jurnal Pendidikan.

Farooq, G. 2011. “Evaluation of Curriculum of Vocational Subjects for Hearing Impaired Children”. Volume 3, No. 5. Interdiciplinary Journal of Contemporary Research in Business.

Fawaid, A., dan Fatmala, E., 2020. Home Industry sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 14(1), pp. 110-127.

Irawati, Rina. 2018. Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal JIBEKA, Vol. 12 No. 1 Tahun 2018, Jawa Timur: LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Asia Malang, 2018.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Mengenai Keterampilan Vokasional

Yoyon BachtiarIrianto. (2012). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Konteks Program Pendidikan Life Skills.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 22 times
PDF Download : 10 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ersa Febriola, Daeng Ayub, Masyitha Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.