Analisis Kemampuan Siswa SMA Swasta Kesuma Indah Kota Padang Sidempuan dalam Penerapan Mekanika Gerak untuk Meningkatkan Efektivitas Kerja (Katrol)

Desnatalia Siahaan(1), Jondry Panjaitan(2), Peby Simorangkir(3), Sahyar Sahyar(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menerapkan mekanika gerak dalam teknik, mengkaji kemampuan tersebut berdasarkan taksonomi Bloom, serta mengevaluasi tingkat kemampuan berpikir rendah (LOT) dan berpikir tinggi (HOT) di SMA Swasta Kesuma Indah Kota Padang Sidempuan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pengetahuan siswa dalam menerapkan fisika dalam bidang teknik, kurangnya materi pendukung seperti buku dan bahan ajar yang relevan, serta minimnya penjelasan guru mengenai penerapan fisika dalam bidang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif yang dilakukan secara daring melalui kuesioner Google Form yang didistribusikan kepada 30 siswa. Kuesioner tersebut berisi 24 soal pilihan ganda yang disusun berdasarkan taksonomi Bloom (C1-C6). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Swasta Kesuma Indah Kota Padang Sidempuan memiliki pengetahuan yang baik tentang penerapan fisika dalam teknik, dengan persentase jawaban benar yang tinggi: C1 (87,4%), C2 (83,3%), C3 (77,5%), C4 (75%), C5 (75,8%), dan C6 (68,3%). Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir tinggi (HOT) dalam menerapkan konsep fisika pada bidang lain.


Keywords


Interdisiplin Fisika, Kemampuan Siswa, Pengetahuan Siswa, Fisika Dalam Teknik

References


Doludu, A., Tangio, J. S., Mohamad, E., & Iyabu, H. (2023). Analisis Level Metakognitif dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Pesawat Sederhana dengan Menggunakan Rasch Model. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1321-1330.

Hotimah, K., Hadi, W. P., Ahied, M., Qomaria, N., & Sutarja, M. C. (2022). Analisis kemampuan multirepresentasi siswa dalam menyelesaikan soal pesawat sederhana ditinjau dari aspek adversity quotient. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 158-166.

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94.

Putri, N. H. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika (Doctoral dissertation, UNIMED).

Wahid, M. A., & Rahmadhani, F. (2020). Eksperimen Menghitung momen inersia dalam pesawat atwood menggunakan katrol dengan penambahan massa beban. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 4(2), 11-15.

Widyanti, I. G. A. A. I., Priyanka, L. M., & Juniartina, P. P. (2024). Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 7(1), 43-54.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 28 times
PDF Download : 12 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desnatalia Siahaan, Jondry Panjaitan, Peby Simorangkir, Sahyar Sahyar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.