Competition Between Beverage Sellers at Taman Jalur Tourism, Teluk Kuantan City, Kuantan Singingi Regency

Erlin Murdani(1), Achmad Hidir(2),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Persaingan merupakan proses sosial yang dilakukan individu maupun kelompok untuk menjadi pusat perhatian dengan cara mempertajam prasangka sosial tanpa kekerasan ataupun ancaman. Persaingan merupakan salah satu bentuk interaksi sosial disasosiatif yang terjadi antar pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk persaingan pedagang minuman jus/Pop Ice di lokasi wisata Taman Jalur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat desktiptif. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subject dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 5 orang pedagang, 2 orang pembeli dan 1 orang ketua Persatuan Pedagang Taman Jalur. Pengumpulan data dilakukan dengan tahapan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara desktiptif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa, bentuk interaksi sosial disasosiatif/persaingan yang terjadi pada pedagang dilihat dari bentuk persaingan dalam  pelayanan yang diberikan, lokasi dan juga promosi yang dilakukan pedagang yang bertujuan untuk menarik simpati publik. Interaksi yang disebabkan oleh persaingan lokasi  terjadi antar pedagang hingga pada tahap Kontravensi yang disebabkan oleh sikap pedagang itu sendiri.


Keywords


Competition, Beverage Sellers

References


Ariyani H, Dehen D, & Rohaetin S. (2021). Strategi Persaingan Antar Pedagang dalam Perspektif Sosiologi Ekonomi Di Pasar Blauran Palangka Raya. Jurnal Syntax Transformation, 2(06), 774–786.

Arofah, S. M. (2019). Pola Interaksi Sosial Antar Pedagang Buku Di Pasar Wilis Kota Malang

Basrowi. (2014). Pengantar Sosiologi. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Damsar. (1997). Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Rajawali Pers.

Damsar, indrayani. (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Kencana.

Ermayanti Ermayanti, & Achmad Hidir. (2023). Modal Sosial Pedagang Buah di Pasar Pagi Cik Puan Kota Pekanbaru. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 13–28.

Nazaruddin Muhammad. (2017). Persaingan Sopir Taksi di Kota Pekanbaru. Jurnal Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNRI,1-11

Novianty I, Sulistyarini, F. (2020). Analisis Persaingan Ekonomi Antar Pedagang Perempuan Penjual Sayur Di Pasar Rakyat Flamboyan Pontiana. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Nur Fitri Yati dan A. Hidir, (2019) Modal Sosial Pedagang Lopek Bugi Desa Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau Volume 01 05.119 (0117)

Partowisastro, R (2003). Perbandingan Konsep Diri dan Interaksi Sosial Anak-Anak Remaja WNI Asli Dengan Keturunan Tionghoa. Laporan Penelitian. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM

Soekanto, Soerjono. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Jakarta : Raja Grafindo persada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 30 times
PDF Download : 7 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erlin Murdani, Achmad Hidir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.