Kecemasan Orang Tua yang Memiliki Anak Putus Sekolah di Desa Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan

Anisa Fajri Zalita(1), Wilson Wilson(2), Masyitha Ramadhani(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Mengetahui tingkat kecemasan orang tua yang memiliki anak putus sekolah di Desa Segati Kecamatan  Langgam Kabupaten Pelalawan merupakan tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian ini jenisnya yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya ialah 77 orang tua yang anaknya putus sekolah di Desa Segati. Sampel penelitian ada sebanyak 65 orang yang dipilih dengan memakai teknik Proportionate Stratified Random Sampling, dengan menggunakan Ms Excel dan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecemasan orang tua yang memiliki anak putus sekolah tergolong tinggi, dengan persentase rata-rata 74,44%. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan orang tua yang memiliki anak putus sekolah tergolong tinggi, karena orang tua merasa takut dengan semakin dewasanya anak tersebut maka semakin dibutuhkan pendidikan, kemudian adanya pengaruh dari lingkungan luar seperti pergaulan bebas maupun berupa budaya, tingkat pendidikan orang tua, perhatian dan dukungan orang tua.


Keywords


Kecemasan, Orang Tua, Putus Sekolah

References


Astarani, K., & Siburian, G. G, (2016). Gambaran Kecemasan Orang Tua Pada Anak Dengan Thalasemia. Jurnal Stikes Rs Baptis Kediri, 9(10).

Jaya, Indra. 2010. Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Medan: Citapustaka Media Perintis.

Lestari, A. A. B., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebab Tingginya Angka Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2), 299-308.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung:Alfabeta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 19 times
PDF Download : 10 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anisa Fajri Zalita, Wilson Wilson, Masyitha Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.